CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Pilihan Warna Tepat Di Kamar Anak

Desain warna pada kamar anak tentu berbeda dengan warna yang diaplikasikan untuk kamar tidur orang dewasa. Jika pada kamar dewasa menggunakan warna-warna yang tenang, kamar anak sebaliknya lebih banyak menerapkan warna cerah.

Penggunaan warna cerah untuk kamar anak lebih tepat karena sesuai dengan karakternya yang ceria dan riang. Selain itu, warna cerah juga mampu merangsang gerak motorik serta perkembangan otak anak. Namun, untuk mengaplikasikan warna-warna tersebut, Anda harus mempertimbangkan dan sesuaikan dengan usia anak sehingga muncul kesan yang memberi rasa nyaman.

· Warna primer cocok untuk kamar anak batita (di bawah tiga tahun). Ini akan membantu anak mengenal warna-warna dasar. Namun jika mereka sudah beranjak besar, misalnya usia 4-11 tahun, kamar sebaiknya menggunakan warna sekunder dan warna muda. Agar anak dapat terdorong untuk lebih tenang.

· Kombinasi warna pada kamar anak di atas 12 tahun, memasuki masa puber, Anda dapat mengaplikasikan warna-warna yang memiliki psikologi sesuai dengan jenis kelamin anak. Misalnya, untuk anakperempuan, poleskan warna feminin seperti merah muda atau hijau muda.

· Perhatikan unsur pembentuk warna pada kamar tidur anak, unsur utama adalah elemenkamar  itu sendiri, seperti plafond, dinding, dan lantai. Satu elemen, misalnya dinding, boleh diwarnai warna primer. Kemudian gunakan kombinasi warna dengan yang netral, misalnya putih atau krem. Kombinasi warna ini sebaiknya tak lebih dari tiga warna. Sebagai contoh, plafondwarna putih, dinding biru, dan lantai warna kayu.

· Selain elemen ruang, furnitur, aksesoris, dan aneka mainan anak juga dapat membentuk warna kamar. Furnitur sebaiknya memiliki warna yang senada dengan warna ruang. Lalu aksesori pada furnitur ditambahkan sebagai aksen agar tak terkesan polos.

· Untuk memberi kesan atraktif, gunakan aksesori dan mainan anak. Keduanya umumnya memiliki kombinasi warna primer yang kontras. Warna aksesori dan mainan juga bisa menjadi aksen pada ruang. Tempatkan pada sudut-sudut tertentu, misalnya pojok meja, di atas rak, atau di atas meja nakas, agar tampil menonjol.

Selamat mewarnai kamar anak.

 

Add comment


Security code
Refresh