CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Psikologi Warna Kamar Tidur Anak

Memilih warna untuk kamar tidur anak merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Karena, warna yang akan diaplikasikan mampu memunculkan suasana serta kesan tertentu yang dapat memberi pengaruh terhadap psikologi anak.

Untuk mempermudah Anda dalam memilih warna yang akan digunakan untuk mendesain kamar anak, berikut kami berikan beberapa warna dan pengaruhnya terhadap psikologi anak:

  • Warna merah, secara psikologis menyimbolkan kekuatan, kekuasaan, kepercayaan diri, gairah serta meningkatkan nafsu makan. Warna merah sangat cocok digunakan pada kamar anak remaja karena biasanya mereka sulit sekali merasa termotivasi dan bersemangat.
  • Warna kuning, lebih cocok digunakan pada kamar anak Anda jika menginginkan pengaruh secara psikologi lebih kepada suasana hati yang penuh imajinasi dan kegembiraan.
  • Warna biru, cenderung menurunkan tekanan darah serta menimbulkan perasaan tenang. Biru merupakan penekan nafsu makan. Jika memiliki anak yang sedikit hiperaktifatau memiliki kecenderungan gemuk, coba terapkan warna cat biru muda pada kamar tidur mereka, sehingga akan mempengaruhi nafsu makan anak agar sedikit berkurang.
  • Hijau, merupakan warna yang menyegarkan dan dikenal mampu memperkuat rasa percaya diri serta menunjukkan harapan. Hijau merupakan warna yang mampu mencerahkan suasana hati dan paling sesuai untuk warna kamar tidur anak remaja. Sebab, di usia tersebut mereka sering menghadapi berbagai tekanan dan membutuhkan dorongan kuat untuk menghargai diri sendiri.
  • Ungu, warna ungu gelap yang digunakan umumnya mengesankan kesetiaan, kekuatan, dan kemewahan. Namun, nuansa warna yang lebih gelap juga bisa menimbulkan perasaan sedih dan frustrasi. Sebaliknya, nuansa ungu yang lebih cerah menciptakan perasaan damai dan penuh nostalgia. Sangat cocok digunakan sebagai warna kamar tidur anak perempuan.
  • Warna putih, secara psikologis, kehadiran warna putih menyimbolkan kesucian, kebersihan serta bisa membuat ruang tampak lebih besar. Jika akan menggunakan putih untuk cat kamar anak Anda, coba dipadukan dengan beberapa warna aksen pada aksesori berupa warna hangat seperti pada bantal, karpet dan tirai.

Agar aplikasi warna pada kamar anak dapat sekaligus memunculkan kesan keindahan, ada baiknya Anda lakukan kombinasi dengan warna-warna yang sesuai.

Add comment


Security code
Refresh