CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bersenang-Senang Dengan Dekorasi Gaya Ekletik

GAYA bukanlah krim tangan yang begitu diaplikasikan akan segera menghilang dalam sekejap. GAYA adalah “sesuatu” yang datang berasal dari dalam diri “seseorang”, sebagai perwujudan inspirasi keberadaan Anda sendiri. HIDUP laksana kanvas kehidupan dan GAYA adalah perwujudan dari pandangan hidup. ( Jan de Luz )

Banyak pembaca yang sering membaca text-book mengenai panduan interior akan terperangkap dalam jebakan dan bujukan dari aliran gaya dekorasi tradisional, gaya modern atau gaya kontemporer. Tanpa menyadari bahwa sebenarnya mereka masih bisa mengeksplorasi ide-ide kreatif,  mengkreasikan dan mengekspresikan beragam inspirasi dalam gaya ekletik.

Ekletik berarti memperoleh ide, inspirasi, gagasan, gaya atau selera dari beragam sumber yang luas. Gaya dekorasi ekletik dapat diartikan sebagai hasil perwujudan dari proses penggabungan dan penyatuan dari berbagai gaya dekorasi  serta beragam bahan, tekstur dan material yang berbeda-beda. Namun tetap ada panduan dan benang merah untuk menata hunian dengan gaya ekletik. Mari kita simak yukkk .

Tampil ringkas , simpel, dan sederhana

Karya : Garrison Hullinger Interior Design, Fotografi oleh Blackstone Edge

Ruang keluarga yang tampil cozy dengan memadukan dua unsur budaya yang berbeda. Unsur budaya barat tampil secara dominan melalui sofa dan tempat duduk yang bergaya modern yang disertai dengan pemilihan kombinasi warna-warna cerah.  Unsur budaya timur melengkapi dengan tampil memikat melalui lukisan , patung singa, dan aksesoris-aksesoris lain.

Untuk desain ruangan ala gaya ekletik,  tetap disarankan untuk memilih satu warna dominan yang cerah dan lembut. Warna krem muda memberikan nuansa ruangan yang kian cerah, dipadu dengan unsur warna hijau dari sepasang kursi dan sepasang patung singa. Dilengkapi dengan warna merah untuk menghangatkan suasana dengan kehadiran sebuah kursi unik di pojok ruangan dan bantalan kursi yang ekspresif.

 

Satukan beragam material serta tekstur dengan kehadiran satu material utama dan satu warna pengikat sebagai “benang merah” pengikat.

Karya : Portal Design Inc, Fotografi oleh Lincolin Barbour

Lihat sejenak perpaduan aneka gaya penataan interior di dalam rumah ini. Penataan gaya modern tampil memikat dengan kehadiran warna putih dan perak berkilau di dapur dan ruang makan. Disambung dengan kehadiran gaya kontemporer di ruang keluarga sebagai area untuk berkumpul dan bersantai sejenak.  Dilanjutkan dengan ruang tamu yang di tata dengan gaya modern yang apik.

Resapi sejenak kehadiran berjenis material dan beragam tekstur dan warna yang muncul dari fiber pada kulkas, bangku logam di dapur, kain rug yang tergantung di dinding, sofa kulit di ruang keluarga,  sofa kain dari ruang tamu yang berlanjut pada kayu di ruang makan dan bilah kayu di plafond tampil harmonis. Semua bentuk, bahan material, warna, dan tekstur yang muncul diikat dengan pemilihan warna coklat pada lantai parket dan dominasi warna kuning sebagai warna penghubung dan pengikat.

 

Beberapa penuntun dasar dalam mendesain interior dan dekorasi bergaya ekletik adalah:

· Beraneka ragam warna perabotan dan aksesoris ruangan bisa dihadirkan dalam suatu ruangan, namun pengikat dan penyatu dari semua warna tersebut adalah kehadiran satu hingga dua  warna netral yang cerah.

· Bebaskan kreasi dan imajinasi Anda dengan menggabungkan berbagai unsur, tapi usahakan Anda tetap dapat mengidentifikasi dan mengenali suatu bentuk, suatu material, suatu warna dan suatu tekstur dengan mudah serta membedakan suatu obyek dengan obyek lainnya.  Kemudahan ini akan membentuk persepsi ruang yang terkelola dengan baik.

· Jangan biarkan masing-masing unsur dekorasi ekletik tersebut terkesan berbaur secara riuh, ramai di mata dan saling berebutan untuk dipandang.

· Tetapkan satu tema besar yang menjadi “topik cerita utama” dari penataan ruangan tersebut. Seperti koleksi barang souvenir ( cindera mata ) hasil kunjungan dan travelling dari berbagai daerah atau berbagai negara.

· Sederhanakan kehadiran beragam bentuk, material, tekstur dan bahan dalam satu kesatuan warna utama dan warna-warna senada.

·  Just have fun and do it by your heart. Bersenang-senang dan lakukan dari dalam hati Anda. Karena tidak banyak aturan baku yang membatasi kreativitas Anda dalam menata dekorasi bergaya ekletik.

Yuuups, gaya dekorasi ekletik tidak terpatok pada aturan-aturan baku dari suatu aliran dekorasi ataupun tidak berusaha tampil sempurna dengan aturan simetris yang pernah kita ketahui sebelumnya.


Add comment


Security code
Refresh