CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Munculkan Nuansa Tiong Hoa Di Ruang Tamu

Bangsa China memiliki kebudayaan yang mengakar kuat dan tersebar hingga ke berbagai negara. Hal tersebut salah satunya terlihat dari gaya arsitektur yang banyak diminati karena memiliki tampilan khas dan tak pernah tenggelam oleh tren desain bangunan yang sedang berkembang.

Desain hunian bergaya Oriental yang diwariskan oleh kebudayaan Tiong Hoa ini juga berkembang di Indonesia. Kita banyak menjumpai rumah-rumah yang mengadopsi gaya China yang dapat diamati dari bentuk bangunan atau beragamnya ornamen khas yang digunakan, dari ornamen geometris, motif tanaman, hingga binatang. Jika dilihat dari desain interior, gaya Oriental ditandai dengan penggunaan material kayu, kertas pelapis dinding, dan warna yang dominan merah, cokelat tua atau kuning/emas.

Kesan desain arsitektur Oriental tampak di Indonesia biasanya muncul dalam rumah-rumah masyarakat keturunan. Mereka masih memegang kepercayaan yang diwujudkan dalam bentuk bangunan hunian contohnya, menggunakan bentuk atap khas China, warna-warna mencolok seperti merah, biru, dan kuning, atau penggunaan patung naga.

Sehingga, jika Anda ingin menghadirkan konsep oriental ke dalam rumah, Anda bisa lakukan permainan warna-warna yang selalu melekat pada desain khas Tiong Hoa misalnya di ruang tamu. Yaitu warna merah yang disandingkan bersama warna coklat. Untuk memunculkan kesan Oriental, Anda tak harus mengadopsi desain tersebut seutuhnya. Cukup terapkan warna-warna yang mampu mewakili kemudian padukan dengan beberapa ornamen yang dapat menciptakan nuansa yang bercirikan budaya China.

Paduan warna merah dan coklat bisa Anda aplikasikan di dinding. Beri lapisan cat warna merah pada satu sisi dinding, sedangkan dinding lainnya balut menggunakan warna coklat muda. Untuk warna coklat bisa kembali diterapkan pada bagian lantai serta plafond. Atau furnitur sofa berpadu meja kayu berdesain khas Oriental. Aplikasi warna merah dan warna coklat tersebut mampu memunculkan ciri arsitektur China. Untuk membuatnya terkesan semakin kental, Anda bisa masukkan ornamen misalnya lukisan dewa China di dinding  atau vas antik Oriental dengan bunga-bunga cherry blossom warna merah.

Hmmm…nuansa unik Tiong Hoa pun muncul di ruang tamu Anda.

Add comment


Security code
Refresh