CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Reichstag Jerman

alt

Gedung Reichstag di Berlin didirikan sebagai tempat di mana Reichstag, atau parlemen Kekaisaran Jerman, akan bersidang. Gedung ini dibuka pada tahun 1894 dan memberi tempat Reichstag bersidang sampai tahun 1933.

Kemudian sekali lagi menjadi tempat parlemen Jerman mulai tahun 1999 sampai sekarang. Pada tahun 1882, sebuah sayembara diadakan, dan disertai oleh 189 arsitek. pemenangnya, seorang arsitek dari Frankfurt bernama Paul Wallot. Pada 9 Juni 1884, batu fondasi pertama akhirnya diletakkan oleh Wilhelm I. Sebelum pembangunan selesai pada tahun 1894, Wilhelm I mangkat pada 1888 (Tahun Tiga Kaisar), dan penerusnya, Wilhelm II, lebih tidak menyukai sebuah parlemen sebagai pranata sosial.

alt

Gedung yang asli ini banyak dipuji karena memiliki sebuah kubah dari baja dan kaca, sebuah prestasi tekhnik masa itu. Gedung ini bisa dikatakan merupakan hadiah kepada rakyat Jerman dimana pada gerbang masuk utama, ada sebuah tulisan "Dem Deutschen Volke" yang artinya ialah “Kepada Rakyat Jerman”. Pembangunan gedung ini dimulai pada tahun 1871. Sebelumnya parlemen bersidang di beberapa gedung di Leipziger Straße (Jalan Leipzig) di Berlin, tetapi dianggap terlalu kecil, maka pada 1872 diadakan sayembara dengan 103 arsitek peserta yang merancang gedung baru.

Namun pekerjaan baru dimulai sepuluh tahun kemudian karena ada masalah dengan pembebasan tanah bagi gedung baru dan cekcok antara kaisar Wilhelm I, Otto von Bismarck, serta anggota Reichstag mengenai pembangunan gedung. Dan kembali direnovasi antara tahun 1961-1964.

Add comment


Security code
Refresh