CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Perbedaan Cat Tembok Interior dan Eksterior

Cat tembok ada dua jenis yang biasanya dipakai yaitu cat tembok interior dan eksterior. masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan peruntukannya. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan antara cat tembok interior dan eksterior.

Cat Tembok Interior dan Eksterior

  • Cat interior dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Juga jenis cat tertentu mudah dibersihkan kalau ada noda/kotoran, agar memudahkan perawatan, dilihat dari tingkat kilapnya, biasanya cat tembok berbahan dasar air dapat dibedakan menjadi 2 yaitu doff dan almost kilap. Cat interior juga tidak mudah berjamur untuk bagian-bagian lembab, lapisan cat dapat menutup retakan-retakan halus pada dinding.

  • Cat eksterior di samping memberikan aspek keindahan juga berfungsi melindungi tembok dari cuaca. Dinding tembok adalah bagian yang paling ekstrim terkena perubahan cuaca seperti terpaan angin dan sinar matahari, guyuran hujan, serta perubahan suhu. Akibatnya dinding luar lebih cepat mengalami kerusakan. Karenanya membutuhkan cat yang tahan terhadap cuaca agar tidak mudah rusak. Kerusakan menyebabkan rembesan air pada saat musim hujan ke dinding dalam. Hal ini bisa mengakibatkan flek-flek pada dinding dalam.

  • Jadi, cat interior jelas tidak bisa digunakan untuk eksterior. Sebaliknya, cat eksterior bisa digunakan untuk interior, tetapi harganya akan menjadi mahal. Cat interior bebas dari kandungan logam berat seperti lead (Pb), cadmium (Cd), chromium (Cr) dan merkuri (Hg). Sedangkan cat eksterior, di samping memberi aspek estetika pada tembok dan bebas dari kandungan logam berat, juga berfungsi melindungi dinding tembok dari cuaca.

  • Dinding tembok dengan terpaan sinar matahari, hujan, dan perubahan suhu akibat perubahan cuaca membuat dinding luar cepat mengalami kerusakan seperti dinding retak-retak. Itu perlunya cat yang tahan terhadap cuaca agar tidak mudah rusak. Kerusakan dinding menyebabkan rembesan air pada saat musim hujan ke dinding dalam. Biasanya menimbulkan flek-flek pada dinding dalam. Di samping itu cat eksterior jenis tertentu dapat menutupi terjadinya retak rambut pada tembok.

Cat Tembok Sanlex Wonder

 

Add comment


Security code
Refresh