CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gaya Hidup Urban Dengan Ruangan Multifungsi

Masyarakat urban saat ini menyadaribahwa ruang multi fungsi akan lebih terasa manfaatnya ketimbang harus merancang satu ruang untuk satu fungsi. Ruang tamu misalnya. Ya, sering kali tanpa sengaja kita juga sudah menerapkan ruang multifungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kehidupan orang urban, kadang menggabungkan beberapa fungsi ruangan seperti kamar tidur biasanya merangkap jadi ruang kerja, hal tersebut sama seperti paling sering digunakan di apartemen dengan lahan terbatas serta bentuk yang kompak dan cenderung sulit untuk menampung perabotan besar.

Hal ini berkaitan dengan masyarakat sekarang yang semakin cerdas dan cenderung berpikir praktis serta efisien. Jadi, untuk ruang-ruang tertentu yang fungsinya kurang lebih sama atau setipe, biasanya cenderung digabung dengan berbagai alasan. Contohnya, kamar tidur tamu. Berhubung tidak setiap hari tamu datang dan menginap, kamar tersebut bisa kita alihkan sebagai ruang baca atau ruang hobi.

Ruang multi fungsi merupakan ruangan yang mampu menampung dua aktivitas atau lebih, baik secara bersamaan maupun bergantian. Namun, sebelum mengaplikasikannyapenggabungan ruang tersebut, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Yang pertama adalah, perhatikan kebutuhan minimum masing-masing ruang yang ingin digabung.

Biasanya masing-masing ruangan membutuhkan luas tersendiri dan memiliki kedekatan karakteristik ruang sehingga memungkinkan terjadinya penggabungan. Adapun jenis penggabungan tersebut dibagi menjadi tiga.

Pertama, penggabungan karena adanya selang waktu. Misalnya pagi dipakai untuk fungsi A, sedangkan malam hari digunakan untuk fungsi B, dan bersifat rutin setiap hari.

Kedua adalah penggabungan yang sifatnya insidental atau sewaktu-waktu. Misalnya gudang bersih yang dapat digunakan untuk kamar bermain anak atau kamar tidur tamu.

Ketiga adalah penggabungan dua aktivitas secara bersamaan dalam satu ruangan yang sama.

Add comment


Security code
Refresh