CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Rumah Tropis Penyesuaian Terhadap Iklim Tropis

Struktur rumah tropis modern saat ini sebenarnya merupakan adapatasi dan banyak terinspirasi dari desain rumah tradisional yang telah melalui beberapa penyesuaian desain termasuk penyesuaian terhadap iklim tropis di Indonesia.

Hal ini dapat kita lihat pada bangunan tradisional yang didesain tanpa banyak sekat serta memiliki banyak bukaan. Banyaknya sistem bukaan pada rumah tropis tradisional berfungsi untuk mengatur sirkulasi cahaya yang masuk dalam ruangan. Intensitas sinar matahari yang masuk memberi efek positif dan negatif pada rumah.

Efek negatif yang ditimbulkan sinar matahari yang berlebihan adalah rasa kurang nyaman diseluruh ruangan. Sementara efek positifnya kita dapat mengeksplorasi sinar matahari yaitu dengan memanfaatkan cerlang ( kisi-kisi pada jendela ). Cerlang sendiri adalah tanda khusus yang membedakan jenis desain rumah tropis dan subtropis.

Dalam hal ini , cerlang berfungsi sebagai media masuknya sinar matahari dengan cara mereduksi panasnya sehingga tidak menimbulkan silau.

Add comment


Security code
Refresh