Dua Gedung Pencakar Langit Di Dunia

Dua Gedung Pencakar Langit Di Dunia

Keberadaan gedung-gedung pencakar langit selalu mampu memberikan kesan keindahan pada sebuah kota. Gedung yang termasuk pencakar langit di dunia antara lain yaitu KfW Westarkade Frakfurt Jerman dan Gedung New York by Gehry.

KfW Westarkade Frakfurt

alt

Gedung kantor bank KfW (Kreditanstalt für Wiederaufbau) atau Credit Buro for Reconstruction di Frankfurt Jerman, tahun lalu terpilih sebagai gedung tinggi terbaik di dunia oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitats. Dipandang sebagai salah satu bangunan perkantoran paling hemat energi di dunia, KfW Westarkade di Frakfurt Jerman, dirancang untuk menggunakan hampir separuh energi dari rata-rata energi yang dikonsumsi gedung perkantoran Eropa pada umumnya dan sepertiga energi pada gedung perkantoran di Amerika Serikat. Sesuai rencana, kantor bank tersebut mengkonsumsi energi sekitar 7 kilowatt jam per kaki persegi atau 77,78 kilowatt jam per meter per segi, per tahun. Di antara sejumlah sistem penghematan energi yang diterapkan, Gedung KfW Westarkade mengeksploitasi kekuatan angin yang besar untuk ventilasi alami yang dikendalikan melalui fasadnya berupa dinding dua lapis. Hal tersebut memungkinkan gedung 14 lantai di Frankfurt tersebut menggunakan ventilasi alami selama 8 bulan dalam satu tahun. Di bagian eksteriornya, gedung KfW Westarkade Frankfurt menampilkan bentuk ramping yang terintegrasi dengan baik ke dalam lingkungan sekitarnya, sekaligus terlihat beda melalui penggunaan warna-warna ceria, merah, biru, dan hijau.

Gedung New York by Gehry

alt

Disebut juga gedung Eight Spruce Street dan awalnya bernama Beekman Tower, adalah hunian 76 lantai setinggi 265 meter, gedung apartemen tertinggi di New York. Di bagian bawah gedung, pada enam lantai pertama, digunakan untuk sekolah dasar negeri milik Departemen Pendidikan Amerika Serikat. Gedung yang hanya menawarkan unit-unit hunian sewaan tersebut terpilih sebagai salah satu pencakar langit terbaik tahun 2011 menurut Council onTall Buildings and Urban Habitat. Eight Spruce Street menampilkan bentuk unik menampilkan kualitas seperti kain yang bergerak seperti ombak. Pada saat yang sama, gedung tersebut mengendalikan dirinya sebagai bangunan diNew York dengan berpegang pada aturan tradisionalnya. Fasad seperti kain yang bergerak-gerak itu sebagian karena keinginan pemilik gedung untuk menyediakan jendela besar di masing-masing unit hunian.Jendela-jendela tersebut posisnya bergeser dari satu lantai terhadap lantai lainnya dan ukurannya beragam, menciptakan efek seperti berombak. Di bagian dalam, unit-unit hunian diatur untuk selaras dengan rencana pada fasadnya.