CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Esplanade Konsep Arsitektur Icon Negara Singapura

alt

Esplanade dibuka pada 12 Oktober 2002, dibangun dengan biaya S$ 600 juta atau sekitar 3,6 trilyun. Bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 6 hektar, menghadap ke pantai Marina Bay. Esplanade memiliki Concert Hall dengan 1.600 kursi penonton, dan stage yang mampu menampung 120 pemain musik.

Selain itu, juga terdapat Theatre berkonsep opera house dengan 2.000 kursi penonton, dan panggung berukuran 39 x 23 meter. Gedung theatre terdiri dari 4 tingkat, sehingga meskipun memiliki kapasitas 2.000 kursi, jarak terjauh kursi dengan panggung hanya 40 meter, masih memungkinkan bagi penonton untuk menyaksikan dengan jelas art performance di panggung.

Ya, Esplanade Theatres on the Bay adalah salah satu icon Negara Singapura. Letaknya persis bersebelahan dengan Patung Merlion yang berada di Merlion Park. Esplanade dibangun dengan tujuan untuk menjadi pusat seni pertunjukan bagi semua kalangan, dan program-programnya menjangkau ke ragam audiens yang luas. Susunan programnya mencakup segala genre, termasuk musik, tari, teater dan seni visual, dengan fokus khusus pada budaya Asia.

alt

Bangunan arsitektur dengan rangka kembarnya yang unik ini berlokasi di dalam distrik pemerintahan Singapura, tepatnya di tepi Marina Bay di mulut Singapore River. Esplanade terdiri dari dua ruangan besar. Dua kubah yang menjadi lokasi Teater dan Concert Hall dirancang dengan bahan kaca, untuk memberi kesan terbuka. Agar pusat seni tetap dingin di suhu tropis, lebih dari 7.000 keping penahan matahari dari aluminium bersama dengan rangka penutup berlapis glazur ganda dipasang pada rangka penopang baja untuk membentuk penutup berbentuk duri yang akhirnya menjadi nama sebutan yang populer berdasarkan buah favorit masyarakat lokal, yaitu durian.

Esplanade Outdoor Theatre, menghadap langsung Marina Bay dan memiliki panjang sekitar 300m, theatre outdoor ini memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 450 hingga 600 (berdiri) orang. Tempat ini sering dijadikan tempat pertunjukan dari berbagai aliran musik hingga tari-tarian dan juga seni theatre yang bisa kita tonton sambil menikmati suasana laut yang menyegarkan dan juga pemandangan yang menakjubkan.

alt

Di Esplanade juga terdapat Recital Studio dengan akustik yang prima, berkapasitas 250 orang, dimana berbagai konser musik dapat ditampilkan disini. Kemudian terdapat juga Jendela (memang yang dimaksudkan adalah ‘jendela’ dalam bahasa Melayu), yaitu ruang pamer untuk visual art dengan pemandangan indah ke Marina Bay. Lalu ada library@esplanade, perpustakaan dengan jumlah koleksi 50.000 buah, berupa bentuk cetak maupun elektronik. Di library@esplanade juga tersimpan CD dan DVD musik classic, jazz, dan pop, tarian, opera, orchestra, dan teater Broadway.

Hmmm…Esplanade di Singapura merupakan suatu konsep arsitektur yang luar biasa dengan dominasi unsu-unsu barat dan merupakan icon Negara Singapura yang menakjubkan.

Add comment


Security code
Refresh