CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Sepang, Sirkuit Kelas Dunia Di Malaysia

alt

Sirkuit Internasional Sepang (Sepang International Circuit/SIS) merupakan sirkuit yang digunakan untuk Malaysian Grand Prix Formula Satu, A1 Grand Prix, dan juga Malaysian Motorcycle Grand Prix. Sirkuit ini juga digunakan untuk berbagai macam event motorsport.

Sirkuit ini dibuka pada 7 Maret 1999 dan sejak itulah Grand Prix Formula 1 di Sirkuit Internasional Sepang diadakan. Selama itu ada enam pembalap yang menjadi pemenang dimana Michael Schumacher menjadi yang tersukses dengan 3 kemenangan dan Ferrari menjadi tim tersukses dengan 5 kali kemenangan. Sedangkan, A1 Grand Prix diadakan di Sirkuit Internasional Sepang sejak 2005.

Sirkuit Sepang memiliki panjang lintasan 5.543 km. Sirkuit kebangaan masyarakat Malaysia tersebut didesain oleh arsitek kenamaan Hermann Tilke. Pria asal Jerman itu memang terkenal sebagai ahlinya dalam mendesain venue lintasan balap. Beberapa karya besarnya yaitu Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi, Marina Bay di Singapura, Sirkuit Internasional Korea di Korea Selatan, dan yang terbaru adalah Sirkuit Internasional Buddh di India.

alt

Malaysia tidak hanya melihat Sepang sebagai tempat dan sarana untuk ajang balapan motorsports. Tapi, di tempat ini pula negara Malaysia menyebut sebagai “Home of Motorsports” yang dapat memberikan inspirasi dan semangat buat para pembalap, serta membuat negara Malaysia sebagai sentral kegiatan balap otomotif di tingkat kelas dunia. Jumlah kapasitas tempat duduk dapat menampung jumlah penonton sampai 130.000 orang untuk suatu event balapan berkelas dunia.

Untuk lokasi panggung grand stand utama dapat menampung 32.000 penonton, serta 18 tempat duduk suite khusus untuk para perusahaan sponsor yang sudah memesan tempat. Titik fokus balapan berada di lokasi paddock dengan bagunan tiga lantai atau disebut Pit Building, yang menghadap panggung utama (main grandstand). Gedung Pit atau Paddock memiliki fasilitas 33 pits, Race Control Room, Time Keeping Room, Paddock, dan Management offices.

alt

Sirkuit Sepang sekaligus merupakantujuan wisata favorit bagi penggemar olahraga otomotif di Malaysia. Tempat wisata di Kuala Lumpur ini menjadi lokasi ajang penyelenggaraan balap mobil Formula 1 dan MotoGP. Jutaan wisatawan dari mancanegara mengunjungi Sirkuit Sepang pada event-event olahraga tertentu setiap tahunnya. Sirkuit Sepang terletak tidak jauh dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Lokasi yang strategis ini menyebabkan Sirkuit Sepang mudah dijangkau oleh wisatawan luar negeri. Sirkuit Sepang merupakan tempat wisata di Kuala Lumpur yang memberikan kesenangan menyaksikan balap motor dan balap mobil di negara tropis. Anda tidak perlu melakukan perjalanan wisata ke Eropa untuk menyaksikan kehebatan pembalap dunia.

Add comment


Security code
Refresh