CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Turning Torso Karya Arsitektur Monumental

alt

Turning Torso karya arsitek berkebangsaan Spanyol Santiago Calatrava. Turning Torso adalah gedung apartemen dengan 54 lantai dan tinggi total 179 m tidak saja akan menjadi land-mark kota Oslo di Swedia, namun pantas menjadi land-mark arsitektur yang akan memperkaya perbendaharaan bangunan tinggi kebanggaan Eropa, seperti yang melekat pada Menara Pisa di Italia atau Menara Eiffel di Paris.

Bangunan yang tampil luar biasa ekspresif dgn bentuknya yg menjulang tinggi menuju puncak dengan "melintir meliuk" hingga dijuluki "Turning Torso" -bagai tubuh orang yg tengah meliukkan badan atasnya dengan gaya berputar- Aslinya "Turning Torso" memang adalah suatu karya seni patung ciptaan Santiago Calatrava valls. HSB Turning Torso merupakan sebuah pencakar langit di Malmo, Swedia, terletak di selat Öresund. Menara ini dirancang oleh arsitek Spanyol, Santiago Calatrava dan secara resmi dibuka pada 27 Agustus 2005.

Desainnya terinspirasi oleh bentuk dari sebuah pahatan patung oleh Santiago Calatrava yang disebut Twisting Torso. Twisting Torso yang menjadi ide untuk membangun Turning Torso bertujuan untuk menciptakan kembali pencakar langit di Malmö sejak penghancuran Kockums Crane pada 2002, yang terletak 1 km dari Turning Torso. Politisi lokal mempertimbangkan menara tersebut penting untuk masyarakat agar Malmö Kockumskranen memiliki simbol tersendiri. Kockumskranen, yang mana merupakan sebuah derek besar yang digunakan untuk pembuatan kapal dan melambangkan kota kerah biru akar yang menyimbolkan pekerja blue-collar di kota itu.

alt

Menara ini mencapai ketinggian 190 meter (623 kaki) dengan 54 tingkat. Setelah selesai, turning torso adalah bangunan tertinggi di Skandinavia dan bangunan pemukiman (apartemen) tertinggi kedua di Eropa, setelah Triumph-Palace setinggi 264 meter ( 870 kaki). Sebelum pembangunan Turning Torso, 86-meter (280 kaki)-tinggi Kronprinsen menjadi bangunan tertinggi kota Malmo. Struktur bangunan ini memenangkan penghargaan MIPIM di Cannes, Perancis untuk Bangunan Apartemen Internasional Terbaik, melampaui 1 West India Quay di London, UK dan Espirito Santo Plaza di Miami, AS dan Konstruksi Turning Torso pernah ditayangkan dalam sebuah episode Extreme Engineering di Discovery Channel.

Rancangan Turning Torso ini didasarkan pada sebuah pahatan patung oleh Santiago Calatrva yang disebut Twisting Torso Torso dengan marmer putih berdasarkan pada bentuk manusia apabila berputar. Pada tahun 1999 Johnny Örbäck, mantan CEO kontraktor Turning Torso dan Board Chairman HSB cabang Malmö melihat pahatan tersebut dan mengontrak Calatrava. Untuk mempertahankan tingkat bangunan HSB mengandalkan Struktur Climbing Otomatis (ACS), yang menggunakan jack untuk mengangkat platform untuk bangunan tingkat berikutnya.

Dirancang oleh Jerman formwork dan produsen perancah Peri, ACS ditangani tinggi hingga 4m, sehingga semua lantai dibangun tanpa perlu untuk penyesuaian. cor ACS berat 110t, dengan booming beton dipasang pada pendakian sendiri perancah yang menggunakan penetapan empat poin dalam inti. Hal ini memungkinkan pekerja untuk dinding beton cincin pada satu tingkat, sementara dinding inti internal retightening satu tingkat di bawah. Sebuah perangkat PUTZMEISTER di lantai dasar beton untuk pompa yang terus meningkat situs konstruksi di 1Ts.

alt

Turning Torso juga dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi. Bagian dalam dipoles fitur aula lantai batu kapur, menggunakan bahan-bahan dari wilayah Jamtland utara Swedia. Batu yang sama juga digunakan pada kusen jendela. Ubin kamar mandi yang dilengkapi dengan permukaan granit dan Underfloor Heating.

Add comment


Security code
Refresh