CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Chrysler Building Simbol Gedung Pencakar Langit New York

alt

Gedung Chrysler adalah gaya Art decopencakar langit di New York City, yang terletak di sisi timur Manhattan di daerah TelukPenyu di persimpangan 42nd Street dan Lexington Avenue.Pada1.046 kaki (319 m).

Chrysler Building sebuah gedung pencakar langit 77 lantai tertinggi di dunia antara tahun 1930-1931, sampai diresmikannya Emperial State yang mempunyai 100 lantai. Namun sampai saat ini masih merupakan gedung tertinggi dengan material bata. Chrysler Buildingmerupakan contoh klasik dari arsitektur Artdeco. Hal ini sangat terlihat dari detail ornamen kepala bangunan yang terinspirasi dari abstraksi kap mobil Chrysler keluaran 1929. Yaitu hiasan-hiasan dengan lengkungan tajam dan garis zig-zag dan jendela segitiga yang dikerjakan 3000 pekerja.

alt

Pada keempat sudut lantai 61 terdapat hiasan kepala burung garuda. Pada lantai 31 terdapat ornamen yang merupakan tiruan radiator mobil Chrysler. Gaya Art deco juga tampak pada lobby yang dihiasi marmer afrika. Struktur yang dipakai pada Chysler building adalah struktur rigid frame dengan konstruksi beton bertulang dengan baja dan bata. Pemilihan struktur tepat karena memang sesuai perhitungan struktur yang mampu menahan segala beban bangunan tinggi.

Padatahun 2007, bangunan ini menduduki peringkat kesembilan pada daftararsitektur favorit Amerika oleh Lembaga Arsitek Amerika. Gedung yang beraliran Art deco Karya William Van Alen ini terasa menonjol dibandingkan dengan pencakar langit yang telah ada di New York pada saat itu. Gedung Chrysler tidak sekedar beraliran Art deco, namun bangunan ini merupakan pencakar langit bercorak baru. Bentuknya yang menggairahkan seolah merangkum energi dan keflamboyanan kawasan Manhattan pada akhir tahun 1920-an. Seluruh keinginan untuk mencapai ketinggian dan segenap gairah teatrikal tampak ditampilkan pada bagian puncak bangunan yang megah tersebut.

alt

Sehingga, Tidak mengherankan apabila Chrysler Building merupakan simbol Kota New York selama setengah abad.

Add comment


Security code
Refresh