CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Sanssouci Istana Penuh Pesona

alt

Istana Sanssouci berada di kota kecil Postdamyang jaraknya tak jauh dari Berlin yaitu hanya 45 menit dengan kereta api dari Berlin, Jerman. Istana Sanssouci dibangun Raja Prusia Friedrich II sebagai istana tetirah selama musim panas.

Istana Sanssouci dibangun tahun 1745-1747, terdiri dari beberapa ruang dengan sumbu tengahnya berada di bangunan bundar berkubah. Di sayap kiri dan kanan ada lima ruangan. Sayap timur istana untuk raja, sedangkan sayap barat untuk tamu. Selain ruang tidur, juga ada ruang musik dan ruang galeri lukisan. Sanssouci disebut megah karena bukan sekadar istana, melainkan kompleks istana. Luasnya 500 ha dan mencakup 150 bangunan besar dan kecil serta taman-taman istana.

Sanssouci dalam bahasa Prancis artinya "tanpa kekhawatiran", karena ini adalah istana musim panas untuk sang raja mengasingkan diri.Sanssouci dibangun mirip Versailles, dengan desain yang tak kalah megah. Deretan anak tangga panjang menghampar dari sebuah kolam besar menuju istana. Di kanan dan kiri tangganya, teras-teras pohon anggur saling undak berundak.

Salah satu ruang yang menarik di istana itu ialah kamar yang pernah digunakan pemikir liberal kenamaan Perancis abad ke-18, Voltaire. Voltaire tinggal di sayap barat Istana Sanssouci tahun 1750-1753. Ia datang atas undangan Friedrich II yang sebelumnya sudah menjadi teman berkorespondensi Voltaire. Mereka kerap bertukar pemikiran dan berteman dekat, sebelum akhirnya berkonflik dan Voltaire meninggalkan Prusia. Kamar Voltaire berdinding warna kuning dengan lukisan timbul berbentuk buah-buahan, tumbuhan, dan burung. Sementara itu, langit-langit kamar itu berwarna putih.

Karena istana ini menjadi situs pusaka dunia, maka sesuai regulasi UNESCO, pengunjungnya dibatasi maksimal 2.000 orang per hari. Pada istana Sanssouci terdapat taman dengan rentang 2 km. diaman jalan di taman istana ini akan menghubungkan pengunjung dengan berbagai istana lain dari dinasti Hohenzollern. Seperti Istana Neue, Istana Charlottenhof, Istana Orangerie, serta berbagai bangunan seperti galeri lukisan dan kincir angin.

Add comment


Security code
Refresh