CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Pesona Taj Mahal Yang Indah Di India

Taj Mahal adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal.

alt

Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri ketiganya dan merupakan istri yang paling dicintainya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka.Pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Ya, Taj Mahal, the Crowning Jewel (Mahkota permata) arsitektur india-islam, merupakan salah satu bangunan terindah dunia yang dibangun dari marmar putih. Taj Mahal dianggap sebagai salah satu contoh arsitektur islami terbaik, menggabungkan pola Iran, Turki India dan desain Islami. Dalam upacara pernyataan di Lisbon, Portugal (Sabtu 7 Juli 2007), Taj Mahal dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia versi baru.

Taj Mahal berada di pinggir sungai Yamuna, yang berfungsi sebagai parit besar menyokong  the Great Red Fort of Agra (Benteng Merah Agung Agra), pusat kerajaan Mughal sampai akhirnya mereka memindahkan ibu kota pemerintahan ke Delhi pada tahun 1637. Taj menjulang di pangkalan batu pasir merah yang tinggi diungguli oleh deretan  batu pualam putih yang sangat besar. Di sana berdiri kubah terkenal yang diapit empat menara yang meruncing.

alt

Kubah tugu peringatan yang bertahtakan permata tersebut, di dalamnya bersemayam ratu Mumtaz Mahal. Karena keindahan hasil kerja yang begitu hebat, Taj digambarkan sebagai bangunan hasil garapan para maestro arsitektur. Kubah Taj terbuat dari marmer putih, tetapi kuburan ditempatkan melawan bidang datar di seberang sungai dan latar belakang inilah yang menjadi penyihir warna yang melalui refleksinya mengubah pemandangan Taj berwarna warni. Warna berganti pada jam-jam berbeda dalam sehari dan selama pergantian musim.

Kubah marmer yang berada di atas kuburan merupakan ciri-ciri menonjol yang paling menakjubkan. Ketinggiannya hampir menyamai ukuran pangkalan gedung, sekitar 35 meter. Ketinggiannya ditonjolkan karena berada di atas "drum" silindris dengan tinggi sekitar 7 meter. Kubah utama dinobatkan di samping puncak menara yang disepuh atau finial. Finial ini terbuat dari emas sampai pada awal 1800, namun sekarang terbuat dari perunggu. Finial memberikan contoh yang jelas dari integrasi elemen dekoratif Persia dan Hindu tradisional. Di atas finial terdapat bulan, yaitu motif khas Islam yang menunjukan titik tanduk yang mengarah ke angkasa.

Di seluruh kompleks, bagian dari ayat-ayat Quran dipakai sebagai elemen dekorasi. Kaligrafi berwarna kemerahan secara praktiknya sulit dibaca karena menggunakan khat thuluth. Kaligrafi ini dibuat oleh penulis kaligrafi Persia yang menetap di Mughal, Amanat Khan. Dilihat lebih dekat, tulisan Al-Quran di seluruh lengkungan yang mengelilinginya terlihat sangat seragam dan serasi.

alt

Fokus Taj Mahal adalah kuburan mamer putihnya. Seperti kebanyakan makam Mughal, yang pada dasarnya terpengaruh oleh budaya Persia, elemen dasar makam terdiri dari gedung simetris dengan iwan, sebuah pintu keluar-masuk berbentuk lengkungan, yang diatasnya tertancap kubah besar. Kuburan berada di alas tiang segi empat. Struktur dasarnya besar. Ruangan utama tempat batu nisan Mumtaz Mahal dan Shah Jahan yang berisi kuburan sebenarnya, berada di lantai bawah.

Taj mahal merupakan salah satu ciptaan arsitektur dunia yang paling sempurna. Sejak abad ke 17, para pelancong telah menyebrangi benua untuk datang dan melihat sendiri kenangan agung dari pecinta, dan tak sedikit pula orang terkagum-kagum oleh kecantikannya yang tak tertandingi.

Add comment


Security code
Refresh