CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Karya Arsitektur Penuh Pesona

Sejarah arsitektur diperkaya dengan desain yang luar biasa. Catatan abadi banyak telah ditetapkan oleh arsitektur.sebagian karya konstruksi masih menjadi alasan menakjubkan bagi dunia. Struktur ini imajinatif selalu membuat orang terpesona dengan keunikan dan desain luar biasa.

Di bawah ini adalah karya arsitektur penuh pesona dan unik:

Cinquantenaire

alt

Parc du Cinquantenaire adalah salah satu bangunan bersejarah dan berarsitektur di kota Brussel. Bangunan ini dibangun diatas area seluas 30 hektar pada waktu zaman Raja Leopold II sekitar tahun 1880 untuk mengingat hari kemerdekaan Belgia. Bangunan-bangunan dalam area tersebut dibangun berbentuk huruf U, dengan bagian utamanya berupa gapura dengan patung diatasnya seorang raja berkuda yang didirikan pada tahun 1905, yang terdapat juga bangunan-bangunan disekitarnya antara lain, Royal Military Museum, Art Museum, AutoWorld Museum dan Mesjid Besar Brussel.

Manneken Pis

alt

Manneken Pis adalah sebuah patung kecil perunggu dengan tinggi hanya 60 cm yang sedang pipis diatas sebuah kolam kecil yang terletak di perempatan jalan sempit diujung gang, tepatnya di sudut pertemuan jalan Rue de Chene dan Rue de l’Etuve. Patung kecil ini menjadi salah satu ikon kota Brussel yang mendunia. Ikon kota Brussel tersebut dibuat oleh pematung Jerome Duquesnoy pada tahun 1619. Tapi sebenarnya patung yang sekarang adalah patung pengganti. Patung aslinya dibuat dari batu pada tahun 1388, namun hilang dicuri.

Meskipun imut-imut, nama Manneken Pis sudah terkenal dan menjadi perhatian seluruh turis yang berkunjung ke Brussels. Sejarah cerita Manneken Piss ini berbeda-beda versinya, antara lain ceritanya adalah tentang anak kecil yang terbangun dari tidurnya karena kebakaran tapi dia dapat memadamkan api dengan air kencingnya, yang pada akhirnya dapat membantu pembumihangusan benteng raja. Cerita versi lainnya adalah seorang pedagang kaya yang kehilangan anaknya pada saat berkunjung ke kota tapi dapat ditemukan oleh penduduk setempat pada saat anak tersebut sedang pipis di sebuah kebun.

Sebagai tanda terima kasih, pedagang itu membuat patung untuk dipersembahkan kepada penduduk. Apapun cerita dibalik keberadaan Patung legenda tersebut, tidak lengkap jika datang ke Ibu Kota Uni Eropa ini, kalau tidak mengunjungi Manneken Piss.

Add comment


Security code
Refresh