CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Keindahan Kuil Jeondeungsa Di Korea Selatan

Jeondeungsa adalah sebuah kuil tua yang terletak di kaki gunung Jeongjoksan, Ganghwa-gun, Incheon, Korea Selatan. Pendirinya adalah Biksu Adohwasang dari Goguerya pada saat pemerintahan Chunryeol (1274-1308).

alt

Jeondeungsa tidak hanya sebagaitempat ibadah, namun juga memberi keagungan karya arsitekturnya. Bangunan kuil ini menunjukkan perkembangan dunia arsitektur kuno Korea yang amat signifikan.Jika diamati, bangunan utama kuil yang bernama Daeungbojeon dihiasi ukiran yang sangat halus. Ornamen itu merupakan contoh desain yang berkembang pada masa pertengahan Dinasti Joseon. Kanopinya terletak di atas patung Buddha.

Saat memasuki bagian interior, padadindingnya tertulis nama-nama tentara. Mereka adalah para prajurit yang berjuang melawan angkatan laut Perancis. Dengan menuliskan nama mereka di Jeondeungsa, diharapkan Buddha dapat melindungi dan senantiasa memberikan keberuntungan saat berada di medan perang.

Keindahan arsitektur kuil ini ternyata memiliki histori tersendiri. Konon saat membangun Daeungbojeon, sang pemahat kayu yang mengerjakan segala ornamen kuil jatuh cinta dengan penduduk desa. Karena rasa cintanya itu ia memberikan semua uangnya untuk sang gadis. Malangnya, gadis itu akhirnya melarikan diri dan sang pemahat kayu itupun jatuh sakit.

Sebagai balas dendam untuk mengalihkan perasaannya yang kecewa, ia bekerja siang malam untuk membuat patung. Hasilnya, Jeondeungsa pun menjelma menjadi kuil yang cantik. Berbagai ukiran dengan warna-warna terang laksana bunga teratai.

Add comment


Security code
Refresh