CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kiyomizudera Kuil Bersejarah Di Jepang

alt

Otowa-san kiyomizu-dera atau lebih di kenal Kiyomizudera, adalah kuil Budha yang terletak di wilayah Kyoto bagian timur Jepang. Sebuah kota yang terkenal dengan bangunan dan arsitektur kunonya yang masih terpelihara dan terawat dengan baik hingga saat ini.

Kuil ini merupakan bagian dari monumen bersejarah Kyoto kuno ( Kyoto, Uji dan Otsu kota ) situs warisan dunia yang di tetapkan oleh UNESCO. Didirikan pada periode Heian awal tahun 798, dan dibangun kembali pada tahun 1633, saat diperintah oleh Tokugawa Iemitsu. Arsitektur komplek kuil Kiyomizudera yang sekarang berdiri dirancang oleh Tokugawa Shogun ketiga, Iemitsu, dan bentuk bangunannya telah ditiru oleh kuil-kuil lain di seluruh Jepang.

Pelataran utama Kuil Kiyomizudera diciptakan khusus untuk mengagungkan Kannon, Dewa Kebaikan dalam ajaran agama Buddha. Keindahan Kota Kyoto dapat dinikmati secara jelas dari atas berandanya yang ditopang oleh 139 pilar kayu dengan tinggi masing-masing hampir mencapai 50 kaki. Sejak zaman transisi periode Edo, masyarakat setempat percaya jika seseorang dapat bertahan hidup setelah melompat dari berandanya, keinginan orang tersebut dapat terkabul. Sebanyak 234 orang tercatat telah mencoba melompat dan sebanyak 85,4% bertahan hidup.

alt

Salah satu keunikan kuil ini adalah tidak adanya paku tunggal yang digunakan dalam pembuatan seluruh struktur bangunan. Kiyomizu sendiri memiliki arti air jernih, atau air murni. Ini mengambil nama dari air terjun yang terdapat dalam kompleks, yang terletak di sebuah bukit dekat kuil. Tera adalah bahasa Jepang yang berarti kuil. Ruang utama memiliki beranda yang besar, didukung oleh pilar tinggi, yang menjorok di atas lereng bukit sehingga memberikan pemandangan yang spektakuler ke arah pusat kota Kyoto.

Kompleks ini juga menggambarkan berbagai keunikan budaya bangsa Jepang, dan omikuji (kekayaan kertas).

Add comment


Security code
Refresh