CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Musee du Louvre Perancis

Musee du Louvre merupakan sebuah museum yang awalnya dibangun sebagai benteng abad ke-12, lalu diubah menjadi sebuah istana kerajaan di abad ke-14. Ketika benteng asli dihancurkan dan sayap sepanjang sungai Seine dibangun. Istana ini diperpanjang selama abad ke 16 oleh arsitek Pierre Lescot, yang diperluas dengan dua halaman.

alt

Satu dekade kemudian Catharina Medici menambahkan istana Tuileries di sebelah barat Louvre. Pembangunan Musee du Louvre dihentikan untuk beberapa waktu ketika raja Louis XIV memutuskan untuk pindah ke Istana Versailles. Musee du Louvre, merupakan kebanggaan yang sekaligus pusat budaya terpenting bagi bangsa Perancis.

Dari mumi-mumi Mesir Kuno, patung kuno Romawi hingga lukisan paling terkenal buatan Leonardo da Vinci, Monalisa, semua bisa ditemukan oleh para penggemar sejarah di Musee du Louvre atau Museum Louvre. Bangunan ini, kaya akan artefak dan telah menjadi tujuan utama turis di Paris. Museum ini memiliki lebih dari 35.000 karya seni dari seluruh dunia dan mencakup seluruh periode sejarah manusia.

Tepat di depan pintu masuk bangunan kebanggaan Prancis ini dibangun Piramida Louvre. Piramida inimerupakan sebuah piramida kaca dan besi besar, dikelilingi oleh tiga piramida kecil. Piramida utama berperan sebagai pintu masuk utama ke museum. Piramida Louvre selesai dibangun tahun 1989, bangunan ini menjadi markah tanah bagi kota Paris.

alt

Pembangunan piramida menimbulkan kontroversi karena banyak orang menganggap struktur futuristik tersebut terlihat berbeda di depan Museum Louvre dengan arsitekturnya yang klasik. Beberapa orang menuduh Mitterand mengidap penyakit "komplek Firaun". Sementara yang lainnya bangga atas gaya arsitekturnya yang kontras sebagai penggabungan berhasil antara bangunan lama dan baru, klasik dan ultra-modern.

Pengumpulan koleksi-koleksi Musee du Louvre pertama kali pada abad 16 oleh Raja Francis I. Salah satu karya seni yang dia beli adalah Mona Lisa yang kini merupakan lukisan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Koleksi-koleksi ini terus bertambah berkat sumbangan dan pembelian oleh raja-raja. Pada 1793, selama Revolusi Perancis, koleksi kerajaan swasta dibuka untuk umum.

Add comment


Security code
Refresh