CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Arsitektur Masjid Unik Di Dunia

Disamping sebagai tempat ibadah shalat berjamaah lima waktu, mesjid juga hadir sebagai bagian dari pusat kebudayaan Islam. Di bawah ini adalah arsitektur masjid dengan desain yang unik di dunia. Lihat yuk !!!

 

Masjid Agung Xi’an, China

Masjid Agung Xi’an merupakan sebuah masjid yang sangat unik, terbesar, dan tertua yang terletak di kota Chang’an, yang kini lebih dikenal dengan kota Xi’an, di China. Saat melihat Masjid Agung Xi’an, sekilas akan nampak seperti sebuah kuil tradisional yang lengkap dengan halaman dan paviliun serta pagoda. Tetapi fungsi bangunan Islam menjadi jelas terlihat manakala anda melihat lebih dekat hiasan figuratif, yang sebagian besar diganti dengan kaligrafi Arab dan Cina.

Bentuk bangunannya yang lebih menyerupai kuil daripada bangunan masjid pada umumnya ini, menjadi salah satu masjid dengan arsitektur paling unik di dunia. Dan pada tahun 1988, pemerintah setempat menetapkannya sebagai salah satu bangunan bersejarah terpenting di Cina. Dan hingga kini, Masjid Raya Xi’an masih difungsikan sebagai tempat ibadah kaum muslim dari suku Hui, yang mencapai 60.000 orang.

 

Mesjid Agung Djenne, Mali

Masjid yang terletak di Djenne sebuah kota kecil di pusat kota Mali, Afrika Barat, merupakan sebuah warisan arsitektur dunia karena dibangun seluruhnya dengan lumpur dan kayu. Sisi luar dari masjid ini dibentuk dari plaster lumpur. Selain itu kayu-kayu yang menjorok keluar dari bangunan seperti jarum-jarum, digunakan sebagai penyangga dan juga sebagai perancah jika akan ada perbaikan.

Masjid Agung Djenne yang saat ini berdiri megah, dibangun pada 1906 dan selesai satu tahun kemudian pada 1907.  Masjid Agung Djenné tidak hanya bangunan yang terbuat dari bata dengan bahan dasar lumpur terbesar di dunia, tetapi juga sebuah model arsitektur ramah lingkungan yang berkelanjutan. Karena keunikannya, pada tahun 1988, kota tua Djenne dan masjid agungnya diresmikan menjadi situs sejarah dunia oleh UNESCO. Selain beribadah, umat muslim dan turis dari seluruh dunia datang mengagumi struktur bangunan masjid ini.

 

 

Add comment


Security code
Refresh