CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bangunan Bersejarah Istana Potala

Istana Potala merupakan tempat kediaman Dalai Lama (Pemimpin Tibet dan pemimpin tertinggi umat Budha). Istana ini dibangun Lhasa, tepatnya di puncak gunung pada ketinggian 3.700 meter diatas permukaan laut.

Dibangun pada tahun 1645 pada masa pemerintahan Dalai Lama ke-5 dan masih berdiri kokoh sampai sekarang. Pemandangannya indah dan bagian dalamnya juga amat indah. Sayangnya Dalai Lama sudah pindah ke Dharamsala, india, sejak Tibet diserang oleh China pada tahun 1959. Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1645 pada masa pemerintahan-5 Dalai Lama dan oleh 1648 yang Potrang Karpo, atau Istana Putih, telah selesai.

Bangunan istana ini berukuran 400 meter timur ke barat dan 350 meter utara ke selatan, dengan tembok batu yang landai dengan ketebalan sekitar 3 meter dan 5 meter pada bagian dasarnya yang juga dicampur dengan tembaga untuk mencegah dari gempa bumi. Bangunan ini memiliki tiga belas tingkat memiliki lebih dari 1.000 kamar, 10.000 tempat pemujaan dan sekitar 200.000 patung membumbung setinggi 117 meter di puncak Marpo Ri.

Lembah Merah (Red Hill), menjulang lebih dari 300 meter secara menyeluruh dari dasar lembah. Menurut tradisi, ketiga lembah utama di Lhasa memberikan arti sebagai "Tiga Penjaga Tibet." Chokpori, di sebelah selatan Potala, merupakan gunung-hati (bla-ri) dari Vajrapani, Pongwari dari Manjushri, dan Marpori, lembah dimana Istana Potala berada, mewakilkan Chenresig atau Avalokitesvara.

Add comment


Security code
Refresh