CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Sejarah Vihara Shaolin Di Gunung Song, China

Vihara Shaolin atau Kuil Shaolin adalah vihara Buddhist Zen yang berada di Gunung Song dekat Kota Zengzhou, provinsi Henan. Vihara ini dipimpin oleh Yang Mulia bhikku Shi Yongxin dan bhikku bela diri Shi De Li.

Didirikan pada abad ke-5, vihara ini sudah lama terkenal akan hubungannya dengan Seni bela diri Cina terutamadengan Shaolin Kung Fu dan juga merupakan vihara Buddhist Mahayana yang terkenal di dunia barat. Vihara Shaolin dan Hutan Pagodanya yang terkenal termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia pada tahun 2010 sebagai bagian dari Monumen bersejarah di Dengfeng.

Vihara Shaolin dibangun di sebelah utara Shaoshi, puncak sebelah barat Gunung Song, satu dari empat Pegunungan Sakti di Cina, oleh Kaisar Xiaowen dari Dinasti Wei Utara pada tahun 477 M. Menurut Yang Xuanzhi, dalam Record of Buddhist Monasteries of Luoyang (547 M), dan Li Xian, dalam Ming Yitongzhi (1461 M), berdebat dengan lokasi dan penempatan Daoxuan.

Jiaqing Chongxiu Yitongshi (1843 M) menjelaskan bahwa vihara ini, berada di provinsi Henan, dibangun pada tahun ke-20 pada era Dinasti Wei Utara, yang berarti vihara ini dibangun pada tahun 497 M. Kang Xi, kaisar Qing kedua, adalah penyokong keberadaan vihara Shaolin di Henan dan ia menuliskan kaligrafi yang terpampang di Heavenly King Hall dan Buddha Hall hingga hari ini.

 

Add comment


Security code
Refresh