CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bandar Udara Suvarnabhumi Terluas Di Thailand

Bandara Internasional Suvarnabhumi merupakan bandara baru untuk menggantikan Bandara Internasional Don Muang. Terletak di provinsi Samut Prakan, Racha Thewa, distrik Bang Phli, sekitar 25 kilometer sebelah timur Bangkok.

Nama Suvarnabhumi dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej yang artinya tanah emas. Bandara ini mempunyai menara kontrol dengan tinggi 132,2 meter, menjadikannya sebagai bandara dengan menara kontrol tertinggi di dunia. Luasnya bandara (563.000 meter persegi) ini juga menjadikan Suvarnabhumi sebagai bandara yang mempunyai luas terminal tunggal kedua di dunia di bawah Bandara Internasional Hong Kong.

Selain itu di Asia, Bandara Internasional Suvarnabhumi juga menjadi bandara tersibuk keempat di bawah Bandara Internasional Haneda, Bandara Internasional Beijing dan Bandara Internasional Hong Kong. Dirancang oleh seorang arsitek asal Jerman Helmut Jahn, bandara baru itu di buat dengan sebuah desain struktur berangin yang tampilannya sangat futuristik.

Didalam bangunan ini akan ditemukan bagian yang memiliki ciri khas sebuah ruang dengan tempat terbuka yang berbentuk oval. Selain itu sistem pengatur suhu didalam gedung di rancang sedemikian rupa sehingga bisa menghemat energi, serta sejumlah keistimewaan lainnya terutama dalam konstruksi penopang bangunan bandara.

Ada dua terminal utama di bandara Suvarnabhumi ini yaitu terminal internasional dan domestik. Terminal kedatangan berada di lantai 1 dasar (First Floor Ground) dan terminal keberangkatan internasional berada di lantai 3. Kedua terminal ini masih dalam 1 area tempat yang di hubungkan dengan sebuah jalan (footway).

 

 

Add comment


Security code
Refresh