CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Bangunan Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi

Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi terletak di Yas Island yang merupakan trek balap F1 kedua setelah Bahrain dan menjadi yang pertama kali didirikan di Timur Tengah. Sirkuit ini didesain oleh arsitek spesialis sirkuit F1, Hermann Tilke.

Sama seperti bangunan di Uni Emirat lainnya. Sirkuit ini dibangun dengan kualitas terbaik. Mulai dari konstruksi baja, interior sampai lintasannya sendiri. Selain itu, Yas Marina kini merebut predikat gelanggang olahraga terbesar yang memiliki lightning permanen. Sebelumnya rekor ini dipegang sirkuit Losail, Qatar.

Dengan mengambil konsep "versi Arab"nya sirkuit Monaco. Itu sebabnya sirkuit ini banyak memiliki tikungan patah dan sempit. Total ada 21 tikungan dengan panjang lintasan 5.554 meter. Lintasan ini mulai dibangun bulan Mei 2007 dan lulus inspeksi FIA tanggal 7 October 2009. Banyaknya tikungan di sirkuit ini menambah seru moment-moment balap, terutama adegan over-taking. Mulai dari tikungan 2-5 pembalap bisa mempertahankan kecepatan.

Di tikungan keempat pembalap bisa menyampingi mobil yang ada di depannya dan mengadu pengereman untuk berebut di tikungan kelima dan keenam. Lalu setelah tikungan ketujuh ada trek lurus terpanjang kedua di jajaran sirkuit yang digunakan dalam F1 GP. Lalu setelah mengumbar top-speed, pembalap harus melakukan hard braking untuk bisa membelok di tikungan kedelapan.

Satu lagi tempat yang berpotensi untuk adegan overtaking adalah trek long curve yang berakhir dengan tikungan patah di tikungan ke-11.

Arsitek : Hemann Tilke

 

Add comment


Security code
Refresh