CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Unik Habitat 67 dan Hang Nga Guesthouse

Saat ini banyak sekali bangunan yang desain dengan gaya unik. Ya, inovasi dalam dunia aritektur terus berkembang sehingga lahirlah karya-karya yang menakjubkan. Misalnya saja bangunan unik habitat 67 di Kanada dan Hang Nga Guesthouse di Vietnam.

 

Habitat 67, Kanada

Habitat 67, merupakan sebuah kompleks perumahan yang berada di Montreal, Canada. Bangunan ini  dirancang oleh arsitek Moshe Safdie yang merupakan arsitek keturunan Israel-Kanada. Mulanya, rancangan ini merupakan inspirasinya dalam tesisnya untuk mendapatkan gelar Master Arsitektur di Universitas McGill.

Kemudian diwujudkan untuk dibangun sebagai paviliun dalam Expo 67, yang merupakan Pameran Dunia yang diadakan dari bulan April sampai bulan Oktober di tahun 1967.  Bangunan ini Terletak di 2600 Avenue Pierre-Dupuy, Marc-Drouin Quay persis di sebelah Sungai Saint Lawrence. Habitat 67 secara luas ditengarai sebagai arsitektur dan salah satu bangunan paling terkemuka  serta signifikan di Montreal, Kanada serta di dunia.

 

Hang Nga Guesthouse, Vietnam

Hang Nga Guesthouse, Vietnam dikenal sebagai "Gedung Gila" merupakan sebuah bangunan yang tidak konvensional dirancang dan dibangun oleh arsitek Vietnam Dang Viet Nga di Da Lat, Vietnam. Digambarkan sebagai "rumah dongeng", desain keseluruhan bangunan menyerupai sebuah pohon raksasa yang menggabungkan elemen desain pahatan yang mewakili bentuk-bentuk alam seperti hewan, jamur, jaring laba-laba dan gua.

Arsitekturnya, terdiri kompleks, organik, dan bentuk non-bujursangkar. Bangunan ini digambarkan sebagai ekspresionis. Nga mengakui sumber inspirasi dalam desain bangunannya bersumber dari  arsitek Katalan , sang maestro Antoni Gaudi. Banyak  pengunjung telah tertarik dan mensejajarkannya dengan karya-karya seniman seperti Salvador Dalí dan Walt Disney.

Sejak dibuka pada tahun 1990, bangunan ini telah memperoleh pengakuan untuk arsitektur yang unik, yang disorot dalam banyak buku panduan dan telah terdaftar sebagai salah satu dari sepuluh bangunan dunia yang paling aneh.  

Add comment


Security code
Refresh