CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Megahnya Arsitektur Sydney Opera House, Australia

Sydney Opera House di Sydney, New South Wales adalah salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Gedung ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour dekat Sydney Harbour. Bridge dan pemandangan kedua bangunan ini menjadi ikon tersendiri bagi Australia.

Gedung ini memiliki daya tarik dalam bentuknya yang seperti cangkang. Selain sebagai objek pariwisata, gedung ini juga menjadi tempat berbagai pertunjukkan teater, balet, dan berbagai seni lainnya. Gedung ini dikelola oleh Opera House Trust dan menjadi markas bagi Opera Australia, Sydney Theatre Company, dan Sydney Symphony Orchestra.

Desain gedung opera ini berbentuk mirip cangkang yang dilapisi dengan keramik putih Swedia yang membuat pantulan sinar matahari dari fajar hingga senja menghasilkan nuansa artistik. Gedung ini didesain oleh Arsitek asal Denmark, Jorn Utzon. Dia tidak hanya diberikan proyek konstruksi, tetapi juga menerima hadiah uang sebesar £ 5.000. Utzon sendiri datang ke Sydney untuk supervisi pada 1957.

Perusahaan engineering Ove Arup dan Partners digandeng untuk mewujudkan desain di atas kertas menjadi sebuah konstruksi riil. Bennelong Point, dekat dengan Sydney Harbour Port Jackson dipilih menjadi lokasi gedung opera yang megah ini.

 

 

Add comment


Security code
Refresh