CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ruang-Ruang Pada Sydney Opera House, Australia

Sydney Opera House, dengan rancangan yang futuristik dan high-tech inovation merupakan suatu bentuk tantangan dalam bidang arsitektur yang berhasil diwujudkan. Keberhasilan ini telah menghadirkan suatu motivasi dalam dunia arsitektur masa depan dengan menghadirkan karya arsitektur yang mengagumkan.

Dirancang oleh arsitek Denmark Jorn Utzon pada tahun 1959 selama 14 tahun ini terbentang di atas tanah seluas 1,8 Ha dengan ketinggian atap mencapai 67 m diatas permukaan laut dengan desain “sperical geometry” yang terdiri dari 2.194 bagian beton pre-cast. Shell yang dipakai pada atap Sydney Opera House merupakan shell free form. Dimana bentuk shell yang ada tidak mengikuti pola geometri tetapi terikat secara structural. Meskipun bentuk geometri tetap ada tetapi bukan merupakan factor utama.

Gaya-gaya yang dialami struktur shell ini tetap diperhitungkan sesuai dengan kaidah strukturalnya. Namun tidak membatasi arsiteknya dalam mengeksplorasi ide dan gagasan dalam berkarya. Hal tersebut tercermin dalam desain Sydney opera house yang mampu menjadi inspirasi dalam karya-karya arsitektur selanjutnya. Bangunan ini digunakan untuk pertunjukan teater, musik, opera, tarian modern, ballet, pameran dan film.

Terdiri dari ruang-ruang seperti Concert Hall, Opera Theatre, Drama Theatre , Playhouse, studio, reception hall, foyer , Studio latihan, Restoran, dan Ruang ganti.  Ruang-ruang yang sangat kompleks dihubungkan dengan baik di bawah atap shell.

 

 

Add comment


Security code
Refresh