CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gedung Opera Teatro Amazonas, Manaus, Brazil

Teatro Amazonas atau Theater Amazon adalah sebuah gedung opera yang terletak di Manaus , di jantung hutan Amazon. Gedung ini dibangun pada tahun 1884. Pembangunannya dibiayai dari hasil perdagangan getah karet yang saat itu membuat daerah Manaus menjadi kaya raya.

Arsiteknya, Celestial Sacardim mengadopsi gaya Renaisans untuk eksterior Teatro Amazonas. Materialnya sengaja didatangkan dari seluruh dunia. Perabotannya dipesan di Paris, pualamnya didatangkan dari Italia, sedangkan bajanya buatan Inggris. Kubahnya sendiri dilapisi 36000 lembar keramik dengan warna-warna bendera Brazil.

Di atas bangunan ini terdapat kubah yang ditutupi dengan 36.000 keramik yang di warnai dengan warna bendera nasional Brasil. Gedung Teater ini pertama kali dibuka pada tanggal 7 Januari 1897 yang kala itu menampilkan opera La Gioconda dari Italia. Namun pada tahun 1900, perdagangan karet melemah sehingga membuat Manau kehilangan sumber pendapatan utama yang berdampak pada penutupan gedung opera.

Selama 90 tahun gedung teater dibiarkan terbengkalai hingga pada tahun 1990 gedung ini kembali di buka untuk umum. Teatro Amazonas mampu memuat 701 penonton. Interiornya didekorasi oleh Domenico de Angelis, pelukis terkenal Italia.Gedung opera yang terdiri dari tiga lantai ini mungkin tidak semegah tiga gedung opera sebelumnya. Tetapi yang membuat Teatro Amazonas istimewa adalah lokasinya yang terletak di Manaus, tepat di jantung hutan Amazon.

 

 

Add comment


Security code
Refresh