CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Uniknya Desain Gedung Grand National Theatre, Beijing

Grand National Theatre atau Gedung Teater Nasional, yang bentuknya menyerupai setengah telur. Bangunan ini adalah tempat untuk menonton bioskop, dengan jumlah kursi 5.452 kursi. Selain bioskop, gedung ini juga dipakai untuk pentas seni Opera, sebuah kesenian dari Cina yang sudah ada sejak jaman Kekaisaran.

Luas gedung ini mencapai 12000 meter persegi. Dan didirikan pada tahun 2002 kemudian direnovasi pada tahun 2007. Gedung ini didesain oleh arsitek Paul Andreu, dari Perancis. Gedung ini sengaja dibuat dengan bentuk setengah telur, karena ada sesuatu yang unik jika gedung ini dikelilingi dengan kawasan perairan.

Setelah konstruksi gedung selesai, dibangunlah danau yang mengelilingi gedung tersebut. Konsep ini memang sengaja di buat karena bertujuan untuk menjadikan bangunan ini sebagai ikon bangunan modern di kota Beijing, dan Cina pada umumnya.

Kerangka gedung ini terbuat dari baja dan titanium, dengan kaca yang mengelilingi di setiap sudut bangunannya. Gedung ini memiliki tinggi 46 meter, dengan tiga buah ruangan utama, yaitu Aula Opera, yang digunakan untuk pementasan Opera, tari balet, dan tarian lainnya. Music Hall, digunakan untuk pementasan musik instrumental seperti piano, violin, harpa, maupun orkestra. Dan yang terakhir adalah Aual Teater, yaitu yang digunakan untuk menonton bioskop atau drama.

Jika pada siang hari yang cerah, dilihat dari kejauhan gedung ini nampak benar-benar seperti telur yang mengambang, atau seperti tetesan air. Tak heran, banyak turis asing maupun lokal yang datang ke tempat ini untuk melihat keunikan bangunan ini.

 

Add comment


Security code
Refresh