CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Unik dan Megah Gedung Walt Disney Concert Hall

Walt Disney Concert Hall adalah ruang keempat dari Los Angeles Music Center dan dirancang oleh Frank Gehry. Gedung megah ini terletak di 111 South Grand Avenue, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Gedung ini selain arsitekturnya yang sangat unik, juga dikenal sebagai gedung opera dengan akustik terbaik di dunia. Pembangunannya dimulai 1987 dan membutuhkan waktu 16 tahun untuk selesai. Bangunan yang begitu megah ini merupakan sebuah kontribusi di bidang seni yang digagas oleh Lilian Disney. Pada tahun 1987, Lilian Disney, istri dari Walt Disney ingin membangun sebuah pusat kesenian untuk masyarakat kota Los Angeles dan penghormatan kepada Walt Disney.

Namun, impian dari Lilian Disney baru terwujud di tahun 2003. Walt Disney Concert Hall adalah bangunan dengan desain arsitektur kontemporer yang memiliki bentuk lekuk-lekuk khas yang mengingatkan pada wallpaper windows 7 (EMP Museum) yang juga merupakan karya dari Frank Gehry. Bangunan ini didirikan dari rangka baja sebagai struktur utama yang dilapisi oleh lembaran baja.

Frank Gehry banyak bermain dengan kayu, besi, corrugated wall selain bentuknya yang sangat avant garde pada saat itu. Dia dijuluki sebagai “The Wild Man” di dunia perancangan Amerika Serikat. Bangunan ini memiliki beberapa area, diantaranya adalah area penerima, area utama dengan 3 concert hall, dan area servis. Dapat dilihat perbedaan antara area konser dan servis, dimana bentuk denah area konser ekspresif (mengikuti bentuk massa), dan denah area servis berbentuk dasar segi empat.

 

 

Add comment


Security code
Refresh