CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Peninggalan Arsitektur Yunani Kuno

Peninggalan Arsitektur Yunani yang paling banyak adalah kuil. Bahan konstruksi utama batu, dipahat dan dibentuk rnenjadi kolom dan baloki Oleh karena itu bentangan­nya sangat terbatas sehingga di dalam ruang terdapat banyak kolom.

 

 

Bagian depan terdiri dari tangga masuk dan langsung pada deretan melintang, kolom, menyangga ujung terdepan dari atap yang berbentuk segi-tiga disebut pediment. Pediment terdiri dari cornice yaitu semacam bingkai keliling segi tiga dari molding mengikuti bentuknya. Bagian tengah di dalam bingkai tersebut terdapat tympanum, yang biasanya pada bidang di dalamnya dibuat dekorasi, dapat berupa relief maupun patung-patung.

Konstruksi pediment dan entablature disangga oleh kolom, dalam arsitektur Yunani dibagi menjadi tiga yaitu: teratas disebut kepala atau capital, tengah atau badan disebut shaft dan tumpuan terbawah disebut base. Capital mempunyai tiga bagian, paling atas abacus, tengah echinus, paling bawah disebut leher atau neck. Di bawah leher ada astragal bagian yang menghubungkan capital dengan shaft. Bagian bawah kolom atau base terdiri dari tiga bagian, yang paling atas apophyge, tengah torus, bawah disebut plinth.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh