CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Parthenon Salah Satu Arsitektur Yunani Kuno

Kebanyakan pengetahuan tentang Arsitektur Yunani datang dari minoritas bangunan yang menyangkut gaya klasik, Hellenistic dan periode Roma (sejak arsitektur Romawi gaya Yunani). Namun tidak bisa di pungkiri bahwa gaya arsitektur yunani telah banyak menginspirasi gaya arsitektur modern seperti saat ini.

 

 

Salah satu arsitektur yunani kuno yang bayak di aplikasikan ke dalam arsitektur modern adalah parthenon. Yaitu kuil Yunani yang dibangun untuk dewi Athena, pelindung Athena pada abad ke-5 SM. Parthenon dianggap sebagai simbol Yunani Kuno dan demokrasi Athena, dan merupakan salah satu monumen budaya terbesar dunia.

Bagian depan dari parthenon terdiri dari tiang penyangga dari batu yang berdiri kokoh menyangga struktur atas bangunan tersebut. Uniknya, pada zaman itu orang yunani kuno sudah membuat desain dengan membuat jalur vertikal pada kolom yang membuatnya sangat mempesona. Pada kaki kolom juga di hiasi dengan profilan dengan yang indah, tak hanya sampai di situ pada kepala kolom terdapat corbel yang bahkan menjadi inspirasi desain arsitektur modern sekarang ini .

Pada bagian atas terdapat gunung-gunung (bentuk menyerupai segi tiga) yang terbuat dari batu. Desain dari gunung-gunung ini juga sangat menakjubkan dengan hiasa profilan dan juga berbagai relief yang menakjubkan. Terbagi menjadi 3 bagian frieze, metopes, dan pediment membuat desain gunung-gunung parthenon nampak semakin fenomenal.

Ya, Yunani merupakan satu daerah yang mempunyai banyak peniggalan bersejarah di dunia, salah satunya dalam bidang arsitektur. Arsitektur yunani mulai berakhir dari akhir periode Mycenaean (sekitar 1200 SM) sampai abad ke-7 SM.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh