CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Arsitektur Romanesque

Arsitektur Romanesque adalah gaya arsitektur dari Eropa Abad Pertengahan (tahun 1517M), ditandai oleh pelengkung setengah lingkaran, dan berkembang menjadi gaya arsitektur Goth, ditandai dengan pelengkung berujung, yang dimulai pada abad ke-12. 

 

 

Tidak ada kesepakatan mengenai waktu berawalnya gaya Romanesque, dan pengusulan waktunya beragam mulai dari abad ke-6 sampai abad kesepuluh, namun contoh-contohnya dapat ditemukan di seluruh penjuru Eropa, sehingga menjadikan arsitektur Romanesque sebagai gaya arsitektur pan-Eropa pertama sejak Arsitektur Imperial Romawi. 

 

 

Gaya Romanesque di Inggris disebut sebagai arsitektur Norman. Menggabungkan fitur dari bangunan Romawi Barat dan Bizantium, Romawi. Arsitektur ini dikenal dengan kualitas yang sangat besar, dinding tebal, bundar lengkungan, dermaga kokoh, kubah pangkal paha, menara besar dan arcading dekoratif. Setiap bangunan memiliki bentuk yang jelas dan sangat teratur, sehingga rencana kinerja secara keseluruhan merupakan salah satu kesederhanaan bila dibandingkan dengan bangunan Gothic.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh