CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gak perlu Jauh-jauh ke Negeri Tirai Bambu, Nikmati Serunya Liburan di Chinatown ala Indonesia

Negeri Tirai Bambu memiliki berbagai kebudayaan menarik mulai dari arsitektur, seni, hingga kuliner. Tidak perlu jauh-jauh ke China, Sahabat Edupaint bisa menikmati serunya wisata ala Negeri Tirai Bambu di beberapa wisata Chinatown di beberapa Kota di Indonesia berikut.

 

Baca Juga: Inspirasi Desain Arsitektur China

 

  • Bandung Chinatown

    Chinatown di Indonesia

    Bandung Chinatown (travel.detik.com)

     

    Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kuliner dan tempat-tempat wisatanya. Salah satu tempat wisata yang sedang ramai adalah Chinatown Bandung.

    Kawasan ini awalnya hanya kampung biasa yang dihuni etnis Tionghoa dan kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata. Di sini Sahabat dapat berkumpul dengan keluarga dan kerabat sambil menikmati aneka sajian kuliner Tiongkok Tempat ini juga cocok untuk sahabat yang hobi ber-selfie dan membeli pernak Pernik khas Negeri Tirai Bambu.

     

  • Jakarta Chinatown (Glodok)

    Chinatown di Indonesia

    Jakarta Chinatown (Glodok) (yoexplore.co.id)

     

    Untuk Sahabat yang tinggal di ibukota bisa datang ke Pecinan di kawasan Petak 9 Glodok. Pecinan ini memang terkenal sebagai daerah yang dipenuhi oleh orang Tionghoa.

    Di Petak 9, pengunjung dapat melihat Kelenteng Jin De Yi, Jin De Yuan, Toa Se Bio dan beberapa kelenteng lainnya. Tidak hanya jajanan yang membentang dari Petak 9 hingga Gang Gloria diseberangnya, tetapi juga ada pernak-pernik khas Tiongkok.

     

  • Singkawang Chinatown

    Singkawang Chinatown

    Singkawang Chinatown (ulinulin.com)

    Biasanya Chinatown di Indonesia punya aneka kuliner yang lezat, tetapi beda dengan Singkawang. Chinatown ini merupakan kawasan pecinan yang cukup besar di Indonesia. Singkawang juga terkenal dengan julukan Hong Kong Van Borneo, yang kental dengan unsur budaya Tionghoa. Saat perayaan Imlek, kota ini akan menarik perhatian banyak orang karena menyajikan pesta kembang api, pawai hingga menampilkan kesenian khas Tionghoa yaitu Cap Go Meh.

     

  • Semarang Chinatown

    Semarang Chinatown

    Semarang Chinatown (wahanawisata.com)

     

    Sejak abad ke-6, Semarang menjadi tempat berniaga dan menetapnya orang-orang Tionghoa. Kota Semarang memiliki peninggalan sejarah yang berhubungan dengan orang-orang Tionghoa, salah satunya Kelenteng Sam Po Kong dan pecinan Semarang.

    Di Pasar Imlek Semawis kawasan pecinan Semarang, selalu mengadakan event rutin yang digelar untuk menyambut Imlek yang mempertunjukkan berbagai kesenian dan budaya. Disini juga terkenal dengan wisata kulinernya.

     

  • Solo Chinatown, Sudiroprajan

    Solo Chinatown

    Solo Chinatown, Sudiroprajan (thecolourofindonesia.com)

     

    Kampong Sudiroprajan dikenal sebagai Kawasan Pecinan Kota Solo. Di Pecinan ini terdapat kelenteng berusia ratusan tahun yang dibangun tahun 1754 yaitu Kelenteng Tien Kok Sie. Di tempat ini pun terdapat pasar yang bernama Pasar Gede Solo. Berbagai pernak-pernik Imlek pun menghiasi setiap sudut tempat ini.

    Saat Imlek, Anda dapat melihat ribuan lampion di sepanjang jalan Jenderal Sudirman – Pasar Gede hingga Urip Sumoharjo, dari jembatan Kali Pepe sampai jembatan penghubung bangunan Pasar Timur dan Barat, dan di daerah RE Martadinata. Imlek di Pecinan ini ditutup dengan perayaan Cap Go Meh di +15 hari sesudah Imlek.

 

Cat Tembok Sanlex 6000

Add comment


Security code
Refresh