CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Masjid-masjid ikonik tempat Ngabuburit

Pastinya di setiap kota, selalu ada saja berbagai spot yang menjadi favorit warganya untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi saat ngabuburit adalah masjid. Selain dapat mengagumi arsitektur masjid tersebut, tidak jarang juga masjid yang mengadakan berbagai acara menarik.

Nah, berikut adalah 5 masjid ikonik di Indonesia dan di dunia yang cocok sekali untuk menjadi tujuan ngabuburit!

Masjid Favorit untuk Ngabuburit di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali masjid dengan arsitektur unik yang tidak hanya menjadi tempat ibadah, tapi juga sebagai destinasi wisata. Berikut adalah 5 di antaranya!

 

Baca Juga: Pilihan Atap Untuk Rumah Yang Nyaman

 

  • Masjid Raya Bandung

    Masjid tempat ngabuburit

    Masjid Raya Bandung, Bandung (Source: Pixabay)

     

    Masjid Raya Bandung yang masuk ke dalam lingkungan Alun-Alun Bandung ini adalah salah satu tempat favorit warga Bandung untuk sekedar berpiknik dan bersantai di waktu senggang. Tidak heran jika tempat ini juga menjadi tempat ngabuburit favorit.

    Anda dapat bersantai menikmati sore di lapangan luas beralaskan rumput sintetis tersebut. Jika ingin berbuka puasa, pihak masjid juga menyediakan takjil gratis untuk disantap. Namun yang perlu diingat adalah adanya larangan makan dan minum di area lapangan rumput sintetis tersebut.

     

  • Masjid Kapal Nabi Nuh

    Masjid tempat ngabuburit

    Masjid As Safinatun, Semarang (Source: instagram.com/tentang.travel)

    Masjid ikonik lainnya yang menjadi destinasi ngabuburit di Indonesia adalah Masjid As Safinatun Najah atau yang dikenal juga dengan Masjid Kapal Nabi Nuh yang berada di Kota Semarang. Masjid yang arsitekturnya terinspirasi dari bahtera Nabi Nuh ini belakangan memang menjadi destinasi wisata warga Semarang.

    Memasuki area masjid, Anda akan dikenakan biaya Rp3.000. Tidak perlu khawatir bingung untuk mencari makanan berbuka jika Anda ngabuburit di masjid satu ini. Terdapat kantin dan juga lapak pedagang makanan di sekitar area masjid ini.

     

  • Masjid Cheng Ho Surabaya

    Masjid Cheng Ho, Surabaya (Source: Flickr.com)

    Masjid Cheng Ho adalah masjid bernuansa muslim tionghoa yang terletak di kota Surabaya. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik, yaitu bangunannya terlihat lebih identik dengan kelenteng dibandingkan dengan masjid.

    Anda dapat menghabiskan waktu ngabuburit di masjid ini sambil menikmati keindahan arsitekturnya sekaligus belajar tentang sejarah dan perjalanan hidup dari Laksamana Cheng Ho.

     

  • Masjid Raya Sumbar

    Masjid ngabuburit

    Masjid Raya Sumatera Barat, Padang (Source: Wikipedia.com)

     

    Kota Padang di Sumatera Barat juga memiliki masjid ikoniknya sendiri, yaitu Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern yang tidak identik dengan kubah. Atap dari masjid ini justru lebih menyerupai rumah adat suku Minangkabau, yaitu rumah gadang.

    Masjid Raya Sumbar ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Padang. Selama bulan Ramadan, tentunya banyak warga sekitar dan wisatawan tidak melewatkan kesempatan untuk ngabuburit di masjid yang kabarnya dirancang tahan gempa satu ini.

     

  • Istiqlal

    Masjid tempat ngabuburit

    Masjid Istiqlal, Jakarta (Source: Poskotanews.com)

    Masjid Istiqlal adalah salah satu ikon wisata Kota Jakarta. Masjid yang pembangunannya dimulai pada tahun 1961 ini bergaya arsitektur modern internasional dengan ciri khas menerapkan bentuk-bentuk geometri sederhana. Desainnya dibuat minimalis dan sebisa mungkin menampung jamaah dengan jumlah besar dan tetap nyaman digunakan dalam segala musim.

    Pada bulan Ramadan sendiri, masjid Istiqlal tidak hanya menyediakan makanan untuk buka bersama. Anda juga bisa menikmati waktu ngabuburit dengan menyaksikan berbagai acara seperti pertunjukan seni budaya islam, seminar keislaman, dan banyak acara lainnya.

     

 

Masjid Favorit untuk Ngabuburit di Negara Lainnya

Bukan hanya di Indonesia saja Anda bisa ngabuburit, beberapa negara lain seperti Singapura dan Uni Emirat Arab juga memiliki masjid ikonik yang menjadi destinasi ngabuburit, lho. Berikut ini daftarnya!

 

  • Masjid Sultan, Singapura

    Masjid tempat ngabuburit

    Masjid Sultan, Singapura (Source: singapore-guide.com)

     

    Singapura juga memiliki masjid ikonik yang bisa dijadikan destinasi ngabuburit, yaitu Masjid Sultan. Masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1826 ini, merupakan poros utama dari umat muslim yang ada di Singapura. Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tapi juga menjadi tujuan wisatawan religi. Hal ini yang membuat setiap sudut masjid dibuat informatif untuk memberikan informasi tentang islam pada para wisatawan.

    Kegiatan ngabuburit di masjid sultan dapat diisi dengan berbagai cara mulai dari tadarus Al-qur’an, melihat pertunjukan budaya, hingga berburu takjil di bazaar makanan yang ada di jalan sekitar masjid.

     

  • Masjid Al Farooq Omar Bin Al Khattab, Uni Emirat Arab

    Masjid tempat ngabuburit

    Masjid Al Farooq Omar Bin Al Khattab, Uni Emirat Arab (Source: dubaitravelator.com)

     

    Masjid Al Farooq Omar Bin Al Khattab dikenal juga sebagai Blue Mosque. Masjid ini adalah salah satu destinasi ngabuburit dan berbuka puasa di Dubai, Uni Emirat Arab. Masjid yang arsitekturnya terinspirasi dari Blue Mosque di Istambul ini dapat menampung sekitar 1.500 orang untuk berbuka puasa bersama setiap harinya di bulan Ramadan.

    Bukan hanya orang muslim saja yang datang ke masjid ini. Acara buka puasa bersama di masjid ini juga boleh diikuti oleh wisatawan dan warga sekitar yang non-muslim. Masjid Al Farooq Omar Bin Al Khattab adalah salah satu dari sebagian kecil masjid yang terbuka untuk wisatawan non-muslim.

     

 

Cat Tembok Sanlex 6000

Add comment


Security code
Refresh