CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Stasiun Gambir, Stasiun Kereta Api Utama Kota Jakarta

alt

Stasiun Gambir adalah stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia dan terletak di Gambir, Jakarta Pusat. Stasiun ini dibangun pada dasawarsa 1930-an dan mendapatkan renovasi secara besar-besaran pada 1990-an.

Stasiun Gambir melayani transportasi kereta api untuk tujuan-tujuan utama di Pulau Jawa. Di stasiun ini, tersedia pula bus DAMRI untuk menuju Bandara Soekarno Hatta. Stasiun ini berada di Daerah Operasi 1 Jakarta.Stasiun Gambir, didirikan pada tahun 1930-an sebagai bagian dari fasilitas penyokong kawasan Gambir atau Weltevreden yang dikembangkan menjadi pusat pemerintahan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Daen-dels, menggantikan Kota Lama Batavia yang pada saat itu semakin memburuk karena wabah penyakit.

alt

Dalam perkembangannya, jalur kereta api dari Jawa Barat dan Jawa Tengah dan pulau Jawa Lainnya mulai masuk ke Stasiun Gambir. Pada tahun 1990-an Stasiun Gambir direnovasi total, sebagai bagian dari proyek rel layang Lintas Tengah untuk kereta jarak jauh. Hal tersebut membuat Stasiun Gambir menjadi stasiun utama kota Jakarta. Memiliki tiga level lantai, dengan peron dan railway berada di lantai tiga. Disediakan pula banyak fasilitas retail pendukung, seperti restoran-restoran fast food internasional, mini market, ATM center, dan toko-toko makanan.

alt

Tidak ada KRL maupun kereta ekonomi yang berhenti di Stasiun Gambir, semua kereta yang berhenti di Stasiun Gambir adalah kereta jarak jauh dari luar kota jakarta, dengan jenis kereta bisnis dan eksekutif. Stasiun Gambir juga merupakan simpul transit intra-moda dengan adanya layanan bus menuju Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta.

Add comment


Security code
Refresh