CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Green Village Bali Arsitektur Unik Ramah Lingkungan

alt

Green Villagemerupakan sebuah desa yang terdiri atas kumpulan bangunan rumah bambu yang ramah lingkungan yang dibangun di sepanjang Sungai Ayung oleh Lembaga Pendidikan Green School di Bali. Jarak antara Green School dengan Green Village bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Tidak hanya mengusung konsep hijau, Green Villagejuga mengusungkonstruksi bangunan yang terlihat unik dibuat dengan menggunakan bambu. Bangunan Green Village terlihat menakjubkan meskipun berbahan bambu. Desain bangunan dibuat dengan memperhatikan aspek lingkungan dengan menggunakan material yang tersedia di alam, tetapi tetap berpikir kreatif untuk memaksimalkan karakteristik material.

alt

Bentuk jendela dan pintunya bangunan ini didesain terbuka dengan cara diputar. Semua pintu dan jendela diberi kaca besar transparan sehingga cahaya matahari dapat keluar masuk dengan bebas. Desain interior rumah ini juga sangat futuristik dan lepas dari kesan ketinggalan zaman. Hal tersebut dapat terlihat dari bentuk kursi, meja, kasur dan furnitur bamu lainnya yang berbentuk sangat unik, serta  nyaman.

Green Villagemerupakan desa yang terdiri atas kumpulan rumah-rumah yang sengaja dibangun untuk bisa disewakan ke turis, dimana hasil pendapatan sewa rumah tersebut akan didonasikan untuk pemberian beasiswa kepada murid-murid di Green School. Elora Hardy, arsitek sekaligus CEO dari proyek pembangunan rumah di Green Village, mengajak para tukang kayu setempat untuk ikut berpartisipasi merancang pembangunan rumah di Green Village. Konsep hunian rumah yang hidup berdampingan dengan pemandangan alam ini, hanya menggunakan bambu sebagai satu-satunya bahan bangunan.

alt

Green Villagejuga merupakanhunian bagi orangtua siswa yang tinggal di dekat sekolah. Sekolah yang sudah berdiri sejak 2008 ini memprioritaskan material alam di sekitar lingkungan sekolah menjadi bahan utamanya. Green School mengajarkan kepada murid-muridnya bahwa di alam ini tidak ada yang berwujud kotak sempurna, karenanya bangunan mengikuti dan beradaptasi terhadap apa yang sudah diberikan alam. Bangunan-bangunan yang berada di dalam kompleks Green School tidak memaksakan atau memotong pohon yang sudah ada.

Add comment


Security code
Refresh