CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Taman Sukasada Arsitektur Sekaligus Wisata Unik Di Bali

Taman Sukasada berada di wilayah Karangasem, Bali. Kompleks taman indah ini dibuat oleh I Gusti Bagus Jelantik, salah satu raja Karangasem yang menyukai seni. Perjalanan menuju Taman Sukasada dimulai dengan transportasi udara dengan tujuan Bandara Ngurah Rai di Denpasar.

alt

Sebelum menuju Taman Sukasada, mungkin Anda tertarik mengunjungi Pantai Kuta, Pantai Ubud, Pantai Jimbaran, Pantai Sanur, dan beberapa pantai indah di Bali lainnya.Taman Sukasada, dikenal juga sebagai Taman Ujung, terletak di Pulau Bali dan menghadap ke Selat Lombok. Taman Ujung merupakan salah satu pariwisata Bali yang terhubung menuju ke berbagai obyek wisata menarik lainnya di Karangasem dan Tirtatangga. Karena lokasinya yang berdekatan inilah maka acara liburan ke Bali, khususnya ke Taman Ujung biasanya digabung menuju ke Tirtagangga dan Karangasem.

Taman Sukasada merupakan tempat peristirahatan raja-raja Bali pada jaman dulu. Obyek wisata di Bali yang satu ini memiliki keindahan seni arsitektur bangunan dengan latar belakang lautan yang meneduhkan mata. Lokasi Taman Sukasada berada di tepi pantai sedangkan jalan raya menuju taman berada di ketinggian. Setiap wisatawan yang datang kesana bisa menyaksikan betapa mengagumkan budaya Bali di Sukasada.

Obyek wisata ini layak dimasukkan dalam jajaran tempat wisata terindah di Indonesia. Ornamen budaya Hindu terlihat pada jembatan Taman Ujung karena bentuknya identik dengan bangunan-bangunan kuno dalam peradaban India. Sesudah wisatawan melewati jembatan maka mereka akan menemukan sebuah kolam berbentuk persegi delapan dengan aliran airnya yang sejuk. Di tengah kolam Taman Ujung terdapat sebuah patung berarsitektur gaya Eropa. Patung tersebut berbentuk seorang putri yang berdiri di atas kuntum bunga teratai. Bukan hanya itu, patung putri itu terlihat makin cantik karena dikeliling beberapa patung angsa.

alt

Bangunan utama Taman Sukasada Bali berupa gazebo, yaitu rumah kecil tanpa dinding yang dikelilingi oleh kolam air. Gazebo Taman Ujung berada pada kurang lebih 20 meter dari jembatan tempat memasuki kawasan taman. Pemandangan alam dari gazebo sungguh mengagumkan. Bila wisatawan berdiri di atas gazebo maka mereka bisa menyaksikan deburan ombak laut lepas. Beberapa pilar berukuran tinggi dan besar berada tak jauh dari gazebo.

Untuk mencapai pilar tersebut, wisatawan harus menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan buah. Pemandangan ini akan mengingatkan kita pada kuil-kuil kuno jaman Romawi dan Yunani. Kondisi Taman Sukasada sangat bersih dan terawat. Beberapa bangunan antik seperti gazebo dan pilar-pilar megah tersebut menambah daya tarik pariwisata Bali. Ya, taman Sukasada merupakan perpaduan beberapa pemandangan wisata alam, yaitu tempat wisata pantai, pemandangan persawahan yang hijau, kolam air yang menyejukkan mata, dan perpaduan gaya seni arsitektur.

 

Add comment


Security code
Refresh