CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gereja Tugu Salah Satu Bangunan Gereja Tertua Di Indonesia

alt

Gereja Tugu adalah salah satu gereja tertua di Indonesia terletak di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Gereja Tugu dibangun pada sekitar tahun 1676-1678 oleh orang Portugis. Bersamaan dengan dibukanya sebuah sekolah rakyat pertama di Indonesia oleh Melchior Leydecker.

Terletak di Utara Jakarta, Gereja Tugu merupakan peninggalan dari Portugis. Gereja ini terletak di Kampung Tugu, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, dan menjadi salah satu dari 12 destinasi wisata pesisir di Jakarta Utara.  Gereja ini pun memiliki cerita sejarah yang panjang. Gereja Tugu sempat hancur dan dibangun kembali.

Pada tahun 1737 Gereja Tugu dilakukan renovasi yang pertama dibawah pimpinan pendeta Van De Tydt, dibantu oleh seorang pendeta keturunan Portugis kelahiran Lisabon yaitu Ferreira d'Almeida dan orang-orang Mardijkers. Kemudian, tahun 1740 gereja Tugu hancur bersamaan dengan terjadinya peristiwa pemberontakan Tionghoa (Cina Onlusten) dan pembantaian orang-orang Tionghoa di Batavia, pada masa Gubernur Jenderal Adriaan Valckenier yang berkuasa di Batavia pada tahun 1737–1741.

alt

Lalu empat tahun kemudian, pada 1744, gereja itu dibangun kembali dan pada 1748 diresmikan oleh pendeta JM Mohr.Gereja ini mempunyai luas 1,5 hektar. Uniknya, di bagian depan gereja terdapat kuburan orang Portugis. Saat menjelang Natal, biasanya orang-orang keturunan Portugis yang masih tinggal di wilayah Tugu membersihkan kuburan leluhur mereka.

Sampai saat ini gereja tersebut masih berdiri dan berfungsi sebagai "GPIB Tugu", walaupun di berbagai sudut sudah banyak yang harus diperbaiki karena faktor usia. Gereja ini tampak sederhana tetapi kokoh dan rapi, dengan berisi bangku diakon antik, piring-piring logam, dan mimbar tua. Lonceng yang ada di gereja tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 1880, karena lonceng paling tua yang dibuat 1747 sudah rusak dan disimpan di rumah pendeta di sana.

Add comment


Security code
Refresh