CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Internatio Gedung Bersejarah Yang Masih Kokoh

Gedung Internatio atau Internationale Crediten HandelVereeniging, terletak di sudut jalan Heerenstraat dan Willemsplein, yang sekarang disebut jalan Jayengrono, Surabaya. Ini tepatnya terletak di dekat Jembatan Merah Plaza dan Stasiun Jembatan Merah.

alt

Gedung ini dibangun pada tahun 1929 oleh Biro AIA Aristech (Algemeen Ingenieurs en Architecten Bureau) yang terletak di Sumatrastraat 59 Surabaya. Arsiteknya adalah Ir.Frans Johan Louwrens Ghijsels yang selesai pada tahun 1882. Karya lainnya dari beliau adalah NV Nederlandsch Indische dan Handelsbank pada tahun 1926, serta Rumah Sakit Mata Oendaanstraat, bangunan Aniem di Embong Woengoe.

Gedung Internatio berdekatan dengan Gedung Cerutu dan Gedung Polwiltabes Surabaya. Bangunan cokelat ini memiliki dua lantai, yang masih terlihat kokoh dan berdiri mantap di antara modernisasi. Setelah pasukan Brigadir Jenderal Mallaby berhasil mendarat di Pelabuhan Tanjung Perak pada 25 Octobers 1945, gedung ini dikuasai oleh Sekutu.

alt

Pada 28-30 Oktober 1945 bangunan ini dalam pengepungan oleh pejuang Indonesia. Hingga saat ini, bangunan cokelat dengan dua lantai ini masih terlihat kokoh. Pada bagian dalam bangunan yang satu ini terasa dingin karena memiliki sistem ventilasi yang baik dengan desain pintu dan jendela yang tinggi.

Bangunan ini menghadap Timur kearah Jembatan Merah berseberangan dengan Monumen (Monumen Mayangkara).

Add comment


Security code
Refresh