CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Museum Wayang Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Museum Wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara no.27 Taman Sari, Jakarta Barat. Dahulu bernama De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda. Museum ini dibangun pada tahun 1640. Dan diresmikan sebagai museum pada Agustus 1975.

alt

Museum Wayang merupakan sebuah museum yang menyimpan, merawat, dan memamerkan berbagai hal yang berhubungan dengan wayang dari daerah-daerah di Indonesia dan luar negeri. Museum ini bertempat di sebuah bangunan tua yang berusia ratusan tahun dan hingga sekarang tetap berdiri kokoh dan anggun. Gedung museum yang berlantai dua ini berdiri di atas tanah seluas 935.25 meter persegi dan merupakan bangunan tua yang masih terpelihara keasliannya.

Gedung bersejarah ini bahkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (United Nations) dinyatakan termasuk dalam daftar 136 cagar budaya yang harus dilindungi. Gedung Museum Wayang merniliki ciri arsitektur Eropa dengan dinding tembok yang tebal, langit-langit yang tinggi, daun jendela atau pintu jendela lebar-lebar dan pintu yang terbuat dari kayu jati yang masif. Tediri dari dua lantai, bagian bawah dipergunakan untuk kegiatan kantor museum dan sekretariat Yayasan Nawangi.

alt

Di tengah-tengah ruangan terdapat taman yang tenang, mengenangkan pejabat-pejabat tinggi Hindia Belanda yang dikuburkan di tempat tersebut. Terlihat juga sebuah dinding tinggi dari batu bakar berwarna kecoklatcoklatan dan dikedua sisinya tercantum nama-nama gubernur-gubernur jenderal yang pernah dikuburkan. Museum Wayang menempati sebuah bangunan tua bergaya Eropa, yang dahulu merupakan gereja bagi orang Belanda di Indonesia, dan dipugar sekitar tahun 1736 menjadi bangunan gereja baru. Kemudian bangunan gereja itu dibeli oleh suatu perusahaan Belanda dan dijadikan gudang.

Pada tahun 1937 gedung ini berubah menjadi museum, dan dinamakan Museum Oud Batavia. Setelah Kota Batavia berkembang menjadi Jakarta, koleksi di Museum Oud Batavia dipindahkan ke Museum Sejarah Jakarta, yang letaknya berseberangan dengan museum sebelumnya. Atas prakarsa Gubernur Ali Sadikin, Museum Batavia Lama ini dijadikan Museum Wayang.

Add comment


Security code
Refresh