CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bakrie Tower Icon Kota Dengan Desain Meliuk

Bakrie tower adalah  salah satu gedung perkantoran dengan tinggi 217 meter dengan 57 lantai danselesai dibangun pada 2009. Sebuah proyek masterpiece yang memang disiapkan untuk menjadi landmark dan ikon Kota Jakartayang berada di kawasan kuningan.

alt

Bakrie Tower sendiri merupakan bagian dari pembangunan super blocksexy.Dengan ketinggian 217 meter, Bakrie Tower bisa disebut sebagai gedung pencakar langit.Yang menarik dari gedung ini bukan hanya soal jangkungnya, tapi juga estetika arsitekturnya yang unik dan rumit. Kepercayaan kelompok usaha Bakrie terhadap arsitek Urbane Indonesia dengan tokoh arsiteknya Ridwan Kamil, arsitek muda yang juga dosen di Institut Teknologi Bandung, terbayar dengan hasil desain Bakrie Tower yang ciamik.

alt

Ridwan menggunakan koneksi dan pengalamannya yang sudah berkiprah di luar negeri dengan menciptakan arsitektur twisting atau struktur yang berputar pada sumbu gedung. Seni arsitektur ini menjadikan pola gedung laksana berputar dengan menjadikan setiap lantai ada pergeseran sekitar 0,47° atau sekitar 15cm.

alt

Pergeseran struktur bangunan tersebut terjadi pada tiga bagian  yaitu dari ground floor sampai dengan lantai 17 berputar ke kanan. Diteruskan  lantai 17 sampai lantai 33 berputar ke kiri, kemudian dari lantai 33 hingga lantai 48  berputar kembali ke kanan. Dengan desain semacam itu, dari jauh menjadikan Bakrie Tower bak Si Penari Balet yang tengah meliuk dan berputar.

Add comment


Security code
Refresh