CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Intiland Tower Berdesain Arsitektural Lokal Tradisional

Dulu gedung perkantoran ini bernama Menara Dharmala Intiland. Kelompok usaha Gondokusumo asal Malang ini membangun gedung ini pada pertengahan 1980 dengan memakai jasa salah satu guru arsitek dunia asal Amerika Serikat, Paul Rudolph.

alt

Berdiri di atas lahan seluas 0,84 hektar, Intiland Tower Jakarta adalah gedung perkantoran pertama yang dibangun Intiland dengan total ruang sewa seluas 30.986 meter persegi. Tahapan pembangunan konstruksi selesai pada 1986, namun desain kontemporer menara gedung masih berdiri tegak di tengah-tengah bangunan baru lainnya.

Arsitek ternama Amerika Paul Rudolph berperan serta dalam merancang desain bangunan yang mengadopsi kearifan arsitektural lokal tradisional dengan memasukan unsur-unsur arsitektur tropis Indonesia. Konsep rancang bangun yang diwujudkan sejak era 1980-an ini, sekarang berkembang dan dikenal sebagai konsep hijau. Keunikan desain bangunan ini membuat model bangunan Intiland Tower ditampilkan di Museum of Modern Art di New York, Amerika.

alt

Sebagai salah satu gedung paling tua di koridor Sudirman tidak menjadikan Intiland Tower kalah pamor dan tenggelam oleh beragam bangunan pencakar langit yang kini muncul di sepanjang Sudirman-Thamrin. Kekuatan arsitektur dan keindahan rancangannya menjadi bangunan perkantoran ini tetap hidup menonjol bahkan masih layak dianggap sebagai gedung dengan arsitektur berkelas dunia.

Di salah satu sudut di gedung ini masih tertera dengan jelas sebuah prasasti yang mengukir nama Paul Rudolph sebagai perancangnya.

Add comment


Security code
Refresh