CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gedung Bersejarah Di Kota Surabaya

Surabaya adalah sebuah kota sebagai tonggak sejarah perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia. Banyak peninggalan sejarah yang ada di kota ini, diantaranya bangunan-bangunan sejarah seperti Gedung Siola dan Balai Pemuda.

Gedung Siola

alt

Gedung ini terletak di Jalan Tunjungan, Surabaya (ujung utara jalan Tunjungan). Bermula pada tahun 1877 seorang Inggris bernama Robert Laidlaw (1856-1935) yang memiliki usaha perdagangan  textile dan mendirikan Whiteaway Laidlaw. Namun, setelah pemiliknya Robert Laidlaw meninggal, gedung ini dibeli oleh seorang pengusaha jepang bernama “Toko Chiyoda”. Gedung ini sempat pula menjadi gedung perjuangan di Surabaya dengan difungsikan untuk  menahan serangan Sekutu yang datang dari utara. Pertempuran sengit membuat pejuang membumihanguskan gedung ini.

Namun, setelah masa Kemerdekaan, sekitar tahun 1960 berdirilah toko Siola (yang diambil dari singkatan nama kongsi pemiliknya, Soemitro-Ing Wibisono-Ong-Liem-Ang), dan  mulai dibuka menjadi salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya. Bisa dikatakan, Siola menjadi Mall pertama di Surabaya.

Balai Pemuda

alt

Balai Pemuda Surabaya pada mulanya, di Tahun 1907-1945 bernama Den Simpangsche Socielteit,  yaitu pusat atau tempat rekreasi orang-orang Belanda untuk melakukan aktifitas seperti, pesta, dansa, atau bolling. Gedung ini terletak sangat strategis di jantung kota Surabaya, yang berlokasi di Jalan Gubernur Suryo No. 15 Surabaya, bangunannya berdiri dengan megah mengingatkan kita  pada perjuangan arek-arek Surabaya dimasa Penjajahan Belanda.

Bentuk gedung Balai Pemudahingga sekarang tidak mengalami perubahan, sehingga  nilai sejarahnya masih terlihat seperti aslinya.Pada tahun 1945, gedung ini dikuasai oleh pemuda-pemuda Surabaya dansekaligus sebagai markas arek-arek Surabaya dalam melawan penjajah Belanda untuk  mempertahankan Republik Indonesia.

Gedung ini juga dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial, juga digunakan untuk kegiatan apresiasi seni dan budaya seniman sertaseniwati, berbagai macam pameran, sertauntuk acara pernikahan, pagelaran musik, dan audisi.

Add comment


Security code
Refresh