CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Klenteng Tertua Hian Thian Siang Tee di Jepara

Kelenteng Welahan yang diberi nama Hian Thian Siang Tee adalah sebuah klenteng yang terletak 24 km ke arah selatan dari pusat kota Jepara, di Desa Welahan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Klenteng ini menjadi aset peninggalan Tionghoa di Jepara.

Klenteng ini dibangun oleh tokoh pengobatan dari Tiongkok bernama Tan Siang Hoe bersama dengan kakaknya bernama Tan Siang Djie.Pada tahun 1830 dimana Gubernur Jendral Belanda yaitu Johanes Graaf Van Bosch berkuasa di Indonesia, yang pada waktu itu disebut penjajahan Hindia Belanda, datanglah seorang Tionghoa totok dari Tiongkok bernama Tan Siang Boe. Kepergiannya dari Tiongkok menuju ke Asia Tenggara tersebut perlu mencari saudara tuanya bernama Tan Siang Djie di Indonesia.

Meski tak memiliki catatan khusus tentang awal sejarah klenteng didirikan, Klenteng Hian Thian Siang Tee diperkirakan dibangun pada abad 16 dengan meninggalkan sepenggal cerita dan bukti barang-barang bersejarah yang ditinggal oleh pendiri klenteng. Klenteng Hian Thian Siang Tee dibangun oleh tokoh pengobatan kakak beradik dari Tiongkok, Tan Siang Hoe dan Tan Siang Djie pada abad 16.

Berawal dari kisah tan siang Djie yang sedang melakukan pencarian terhadap saudaranya Tan Siang Hoe, di tengah perjalanan Tan Siang Djie menolong seorang pendeta dari Tiongkok yang sedang sakit. Sebagai ucapan terimakasih, pendeta tersebut memberi hadiah pusaka kuno Tiongkok, peninggalan Kaisar Hian Thiang Siang Tee. Pusaka tersebut berupa pedang, arca dan buku tentang resep pengobatan.

Pencarian Tan Siang Djie terhadap kakaknya Tan Siang Hoe membuahkan hasil. Keduannya dipertemukan di Desa Welahan, Jepara dan mendirikan klenteng yang diberi nama Hian Thiang Siang Tee, nama klenteng tersebut diambil dari nama kaisar pemilik pusaka yang dibawanya. Dari kisah Tan Siang Hoe dan Tan Siang Djie itulah banyak orang menyebut Klenteng Hiang Thiang Siang Tee sebagai klenteng tertua di Indonesia.

Add comment


Security code
Refresh