CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Masjid Seribu Pintu Dengan Desain Yang Unik

Di Tangerang terdapat masjid dengan arsitektur bergaya Baroque yaitu Masjid Nurul Yaqin.Masjid yang memiliki banyak pintu maupun lorong ini terletak di Kampung Bayur, Kelurahan Periuk Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang.

Masjid Nurul Yaqin lebih dikenal dengan nama Masjid Pintu Seribudan memiliki desain yang tampak unik. Arsitektur bangunannya dipengaruhi gaya Baroque. Rumah ibadah ini juga tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya.

Tahun 1978, seorang warga keturunan Arab bernama Al Faqir mulai merintis pembangunan Masjid Nurul Yaqin. Bila bangunan pada umumnya dibuat berdasarkan blueprint, masjid di Kota Tangerang ini justru  tidak memiliki gambar rancang bangun. Selain mengadopsi gaya Baroque, beberapa bagian di Masjid Nurul Yaqin ada yang mirip seperti bangunan Suku Maya dan Aztec. Sebutan Masjid Pintu Seribu diberikan karena di masjid tersebut memang terdapat banyak sekali pintu.

Di beberapa pintu Anda dapat menjumpai ornamen 999. Angka tersebut bermaknan 99 Asmaul Husna dan 9 wali di tanah Jawa. Masjid Pintu Seribu juga memiliki banyak lorong sempit yang menyerupai labirin. Tidak perlu khawatir tersesat karena di setiap lorong telah dilengkapi keterangan dan penunjuk arah. Salah satu dari banyaknya lorong yang ada mengarah ke ruang tasbih di bawah tanah.

Pada setiap ujung lorong masjid terdapat ruang bersekat. Ruang dengan luas empat meter persegi ini digunakan sebagai mushola. Setiap mushola diberikan nama seperti Mushola Fathulqorib, Mushola Tanbihul-Alqofilin, Mushola Durojatun Annasikin,Mushola Safinatu-Jannah, serta Mushola Fatimah. Selain itu, di Masjid Pintu Seribu juga terdapat mushola yang dinamai Mushola Ratu Ayu.

 

Add comment


Security code
Refresh