CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Perpustakaan Dengan Desain Unik Di Indonesia

Perpustakaan daerah Soeman Hs adalah perpustakaan paling unik di Indonesia, karena bangunan seperti bentuk buku. Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Riau Soeman Hs saat ini merupakan satu-satunya fasilitas public space baru yang sekaligus juga sebagai wahana bacaan masyarakat di kota Pekanbaru, Riau.

Perpustakaan ini menggunakan konsep arsitektur modern. Hal ini dapat dilihat dari bentuk lengkungan yang menyerupai sebuah buku tebal yang terbuka jika dilihat dari atas gedung. Dan dari konstruksi yang digunakan dalam pembuatan bangunan yaitu menggunakan baja konstruksi yang dapat dilihat dari pilar-pilar melengkung pada atap bangunan.

Nama perpustakaan yang diresmikan oleh Wakil presiden Yusuf Kalla dan Gubernur Riau H Wan Abu Bakar pada tahun 2008 lalu ini, diambil dari tokoh sastrawan nasional Angkatan Pujangga Baru Riau yang begitu fenomenal di kalangan masyarakat, Bapak Soeman Hs. Perpustakaan ini mempunyai 6 lantai dibangun untuk memenuhi fasilitas publik berupa perpustakaan daerah yang pada saat itu di Riau belum memiliki gedung yang representatif.

Perpustakaan ini tidak hanya sebagai ruang baca saja tetapi juga sebagai ruang terbuka umum / public space yang memadai bagi masyarakat luas. Gedung mewah berarsitektur modern tropis menyerupai buku terbuka memiliki daya tampung setiap lantainya sebanyak 1.000 pengunjung. Arsitektur perpustakaan ini memadukan antara arsitektur khas budaya melayu dan modern.

Add comment


Security code
Refresh