CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gedung Cerutu, Bangunan Unik Di Kota Pahlawan

Gedung Cerutu, sesuai dengan namanya, gedung ini didesain dengan  memiliki bagian berupa menara yang bentuknya seperti cerutu. Gedung  Cerutu merupakan salah satu bangunan kuno yang hingga saat ini masih tetap utuh dan terawat di antara bangunan kuno di Surabaya yang ada di sekitarnya.

Nuansa era kolonial Belanda sangat terasa pada bentuk dan arsitektur bangunan Gedung Cerutu yang memiliki warna putih dengan atap berwarna  merah ini. Letaknya berdampingan dengan Hotel Ibis atau di depan Gedung Internatio. Cukup menarik menyimak gedung yang dibangun sebagai kantor perusahaan gula  pada tahun 1916 oleh N.V. Maatsschappij Tot Exploitatie van Het Bureau Gebroders Knaud ini.

Gedung ini memiliki bentuk simetris pada bagian depannya.  Yang menarik, menurut  informasi  pada lempeng tembaga yang terpasang di di depannya, gedung Cerutu ini pernah digunakan sebagai Kantor Said Oemar Bagil dan kantor Bank Bumi Daya. Gedung ini merupakan bangunan dengan arsitektur kolonial sebagai landmark kawasan kota lama dan pada tahun tahun 2009 ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sesuai SK. Walikota Surabaya No. 188.45/004/402.1.04/1998 No unit 40.

Add comment


Security code
Refresh