CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Menara Phinisi Gedung Unik Di Kota Makassar

Salah satu bangunan unik di Kota Makassar yaitu Gedung Menara Phinisi UNM yang terletak di Kampus Universitas Negeri (UNM) Makassar, Jl Andi Pangerang Pettarani. Gedung ini didesain unik meyerupai  layar perahu.

Gedung Menara Phinisi biasa juga disebut gedung Tellu Cappa (tiga Puncak), atau Phinisi. Konsep dasar gedung ini didesain sebagai ikon baru bagi UNM, kota Makassar dan sekaligus Sulawesi Selatan. Eksplorasi desain gedung ini mengutamakan pada pendalaman kearifan lokal sebagai sumber inspirasi, yaitu makna Logo UNM, Rumah Tradisional Makassar, falsafah hidup masyarakat Sulawesi Selatan ( Sulapa Eppa / empat persegi ).

Gedung ini menjadi gedung tinggi pertama di Indonesia dengan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid. Bangunan ini sebagai perwujudan dari serangkaian makna, fungsi, dan aplikasi teknologi yang ditransformasikan ke dalam sosok arsitektur. Desain gedung ini bermula dari kontes arsitektur gedung UNM tahun 2008 lalu yang dimenangkan oleh Yu Sing. Untuk mewujudkan gedung ini, dibuatlah berbagai macam tim antara lain arsitek gedung adalah Genesis Principal Architect.

Tim desain terdiri dari Benyamin Narkan, Eguh Murthi Pramono, Iwan Gunawan. Gedung ini mulai dibangun tahun 2009 dan masih berlangsung hingga sekarang.

Add comment


Security code
Refresh