CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gedung Baru untuk Museum Gallery Art Mon Décor

Galeri Art Mon Décor didirikan pada tahun 1983 oleh Martha Gunawan. Saat itu, Mon Décor merintis bisnis seni yang berangkat dengan konsep seni sebagai kesatuan interior. Seiring dengan waktu, Mon Décor mengembangkan galeri baru di Gunung Sahari Raya No 1 Blok B 13-14 Jakarta dengan memfokuskan diri di bidang seni rupa.

Art Mon Decor Gallery  sekarang tidak lagi sekedar memajang  lukisan, prints untuk hiasan interior rumah  tinggal, maupun frame lukisan-lukisan ke dalam susunan pameran. Galeri ini kini  juga dikembangkan menjadi museum’s shop yang akan menampilkan cinderamata  dengan kategori exclusive museum items dan sejumlah obyek artistik eksklusif buatan tangan para desainer dan craftsman.

Area pameran mendominasi lantai  kedua bangunan ini. Ruang pameran  permanen dirancang berkesan netral dan  konvensional. Bentuk ruang yang direct sekaligus predictable dengan warna  monochromatic dan skylight di bagian tengahnya menjadikan ruang ini mampu menggaris bawahi serta mengangkat setiap karya yang dipamerkan di dalamnya.

Berbeda dengan ruang pamer  permanen, ruang pamer temporer dibentuk  elips. Dinding display dibuat  panjang melengkung menyelimuti ruangan untuk menampung karya-karya baru yang cenderung berukuran besar dan ekspresif. Dengan demikian, ruangan tersebut  seolah-olah mempunyai dua bidang saja. 

Tekstur corrugated metal menjadikan ruang pamer sementara tersebut berkesan  muda, kekinian, dan mengikuti zaman yang berusaha dimunculkan pada citra ruangan tersebut. Pola sirkulasi yang keluar masuk atau naik turun sesuai bidang  pamernya sampai ke lantai paling atas  di outdoor area, menambah kedinamisan  proses menikmati setiap karya yang dipamerkan di ruang tersebut.

Art Mon Décor lebih mengusung konsep new museum yang menampilkan pameran seniman-seniman yang sudah mendapat pengakuan arbitrer dalam sejarah perkembangan seni rupa. Selain itu, karya-karya yang teruji perkembangan artistiknya dalam sejarah perkembangan seni rupa, khususnya perkembangan seni rupa Indonesia.

 

Add comment


Security code
Refresh